Perdana, Jurusan Ilmu Ekonomi Gelar Pekan SPE

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana foto bersama antara Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi (IE) (Tengah), dosen Ilmu Ekonomi (Kanan-Kiri) dan mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi saat Pekan Sejarah Pemikiran Ekonomi (SPE) selesai dilaksanakan, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam kampus II UIN Alauddin Makassar. Kamis (19/12/2019).

Washilah – Mahasiswa Semester VII Jurusan Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pertama kalinya menggelar Seminar Pekan Sejarah Pemikiran Ekonomi (SPE) dengan mengusung tema “Merunut Sejarah Pemikiran Ekonomi: Sebuah Dialektika Ekonomi Politik.” Bertempat di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Kamis (19/12/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan tradisi keilmuan, sejarah dari tokoh pemikir ekonomi dengan menghadirkan beberapa narasumber.

Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM), Syamsu Alam dalam materinya membahas tentang sejarah kapitalisme.

“Sejarah kapitalisme berkembang menjadi paradigma yang bukan hanya lagi ditopang oleh dogma-dogma gereja tapi berubah menjadi sarana agresi, di mana kapitalisme nyaris bagaimana mengekspansi mereduh koloni,” jelasnya.

Senada dengan itu, ia juga menambahkan gambaran kapitalisme sudah nyaris tidak digunakan dalam ekonomi semata.

“Nah, di sini kapitalisme menggambarkan bagaimana kapitalisme sudah nyaris tidak digunakan dalam ekonomi semata, namun juga sudah sampai ke ranah ekspansi bahkan pada tingkatan-tingkatan militer,” tambahnya.

Sekretaris Panitia, Harman mengungkapkan tujuan pemilihan tema dalam pekan Sejarah Pemikiran Ekonomi.

“Karena ingin mengulas kembali sejarah pemikiran ekonomi pada masa yunani sampai saat ini, baik segi perbedaan dan persamaan praktik dari tiga ideologi tersebut (sosialis, kapitalis dan islam),” ungkapnya.

Penulis: Aulya Febrianti (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami