Raut Wajah Peserta Tegang, Inilah Suasana ruangan UMM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Calon Mahasiswa Baru (Camaba) sedang mengikuti tes Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Makassar.

Washilah – Suasana menjadi hening ketika peserta Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar memasuki ruangan ujian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 model, Minggu (21/07/2019) pagi.

Para peserta ujian UMM terlihat serius dan sangat berhati-hati dalam mengerjakan soal-soal Ujian. Soal demi soal diamati dengan teliti dengan didampingi oleh dua orang pengawas di setiap ruangan.

Dari hasil pengamatan Reporter, beberapa peserta UMM mengenakan pakaian hitam putih dan selebihnya mengenakan pakaian bebas rapi yang dilengkapi dengan Alat Tulis Kantor (ATK) yang sudah mereka siapkan dimasing-masing meja ujiannya yang menandakan mereka sangat siap sedia dalam melaksanakan ujian ini.

Menurut salah satu panitia pengawas Fatimah, Ujian UMM di ruangan 45 lantai satu mengungkapkan semua peserta di ruangan ini mematuhi aturan yang sudah disediakan.

“Alhamdulillah kalau di ruangan ini tidak ada yang melanggar dari segi pakaian, namun ada satu peserta yang tidak hadir mengikuti ujian ini,” ungkapnya.

Penanggung Jawab lokasi Drs H Andi Marjuni mengungkapkan untuk di MAN 2 Model Makassar terdapat peserta sekitar 600 orang yang terdiri dari 32 ruangan dengan jumlah 70 panitia pengawas.

“Khusus di sini ada sekitar 600 peserta dengan 32 ruangan, yang setiap ruangan terdiri dari 20 peserta ujian. Selain itu untuk panitia pengawas sendiri berjumlah 70 orang, yang terdiri dari empat orang pengawas cadangan dan 66 orang pengawas aktif di ruangan,” tuturnya.

Dari raut muka tegang yang terpancar dari wajah peserta sangat terlihat jelas ketika mengerjakan soal UMM karena ini adalah ujian terakhir di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dengan jadwal ujian di mulai dari pukul 09.00-13.00 khusus untuk kelompok ujian IPA yang terbagi menjadi dua mata uji yaitu Tes Kemampuan Bidang dasar (TKD) sebanyak 100 soal dan Tes Kemampuan Bidang IPA dengan sebanyak 30 soal.

Salah satu peserta Ujian UMM kategori IPA asal Polewali Mandar Surianti. B menuturkan memiliki kesulitan saat mengerjakan soal UKD dengan jumlah 100 soal karena waktu diberikan terbatas.

“Lama tadi ketika mengerjakan soal yang ujian pertama karena 100 soalnya baru sedikit waktunya, dan saya juga terkendala di soal Tes Kemampuan Bidang IPA karena saya jurusan SMK baru semua soalnya SMA Umum seperti Fisika, Kimia. Saya berharap sekali bisa lulus dijalur ini karena hanya ini satu-satunya harapanku,” ungkapnya.

Penulis: Irmayanti (Magang)
Editor: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami