Setan Juga Punya Harga Diri

Facebook
Twitter
WhatsApp

          Oleh Nur Mustaqimah

Illustrasi

Sekolah gue adanya depan gunung, tu gunung sih kalo diliat-liat gak ada sisi nyereminnnya… pokoknya normal-normal aja deh, ada pohonnya, ada babi ngepetnya, upzzz maksudnya ada babi utannya, bentuknya yahhh….biasa berlekuk indah ke atas jadi tentu aja donk ada yang namanya puncak gunung… gunung tu warnanya ijo kan..tapi gunung blakang sekolah gue mah ada pitaknya jadi otomatis ada warna coklatnya… ckckckck….kasian si gunung jadi korban penebangan illegal…

          Kata masyarakat di sekitar sekolah gue nih ya…,,gunung itu banyak setannya and lebih nyeremin lagi, setan-setannya suka turun dari gunung ke sekolahan jadi mesti ati-ati, gak boleh macem-macem. Gara-gara ni mitos…masyarakat sekitar situ parnonya jadi hiperbola alias kelebihan dosis…, kita-kita jadi sering dapat sesajen di bawah pohon yang ada dalam sekolahan, menunya macam-macam, paling wenak tenan tuh ada yang nyimpen opor ayam, sampe kue-kue tradisional contohnya aja…kue khas bugis yang namanya “Onde-onde”, kue ini nih bentuknya kayak bola pingpong yang dalemannya ada gula merah…, rasanya gak usah dipertanyakan, ya pastilah…wennakkk benner.

         Bego banget deh yang naro-naro makanan enak gitu buat setan, mana bisa gitu setan makan makanan kayak gitu, hedeeehhh…emangnya setan itu kayak manusia appahhhh…., gue bayangin setan makan kue ajah….gue udah ngakak guling-guling. Ahhahhahha….setan kan transpran gitu, dicolok pake telunjuk aja pasti nembus, gimana kalo makan makanan manusia???? Pasti dah gak ada yang nyangkut. Kalo makanan yang ditaro itu dah habis pas mreka balik ngliat tu sesajen, pasti mreka mikir sambil ngelus-ngelus dada…

“Hoaffff…….akhirnya om setan nge’abisin opor ayam itu, pasti gak bakalan lagi deh dia ngegangguin kita…”. Karena mreka emang begonya dah stadium 4, mreka gak sempet mikir kalo orang-orang pinter kayak kita bisa manfaatin kesempatan baik itu buat memenuhi kewajiban ngisi perut yang protes mulu maksa minta diisi…, gampang ketebak kallee kalo yang ngabisin tu menu makanan bukan setan tapi manusia-manusia pinterrrrr…..jhahahahahaha…..

          Bai de wei….e ni wei…busway..,,masih inget kan sama crita sebelonnya yang waktu setan ikut narsis??? Tu foto yang ada setan ngikut nimbrung jadi kesebar dimana-mana, ampe ke sekolah-sekolah lain malahan. Setannya diledekin trus lantaran wujudnya jelek banget, mukanya mirip monyet banget dah pokoknya, coba setannya tiru mukanya Alda Risma yang cantik pasti yang ngeliat gak tau mo takut ato ngelir *bagi yang cowo’2*…

          Gara-gara diledekin terus, setannya jadi marah, dia manggil temannya-temannya, sekolah jadi gempar gara-gara siswa-siswa pada kompakan kesambet alias ‘KESURUPAN”.

          Kronologinya kayak gini nih…

Waktu itu bu Andir ngajar di kelas gue, dia ngajar PKN alias Pendidikan Kewarganegaraan, gue inget banget waktu itu gue make seragam putih abu-abu trus gue bawa topi, berarti tu hari tepat hari senin soalnya gue gak pernah bawa topi ke sekolah selaen hari senin berhubung hari senin ada upacara bendera jadi mesti make seragam lengkap. ILha, member Aphrodite dodol yang kebetulan sebangku ama gue jadi gak enak badan.

Dia puceeeeeeettt banget, kulitnya yang sebenernya agak putih berubah jadi dikit lebih putih… *hhahhay….*
ILha menggigil, jadi gue pakein dia jaket, gue nyuruh dia pulang tapi katanya gak pa2, jadi gue Cuma bisa ngliatin panderitaan dia doank.. Dia nidurin palanya di meja, wuduuuhhh pokoknya kasian banget deh ekspresinya.

          Waktu kita srius denger penjelasan materi dari Bu Andir walopun gue liat si Didin malah nikmatin sensasi ngupil make jempolnya, upzzz…sorry Din maksud gue make telunjuk,,, tiba-tiba ILha bangkit dari posisi nidurin pala di atas meja jadi nyander trus mulutnya mangap-mangap kayak ikan lele minta dikasi makan…tapi gue gak denger dia bilang apaan, jadi otak pinter gue kembali beraksi kayak dipilem-pilem kartun  ada gambar lampu di atas kpala kalo ide cemerlang mulai muncul, hhahhhahha…gue jadi ngedeketin kuping gue ke depan mulut ILha yang lagi mangap-mangap…dannn…jiahhhh….dia lagi nyanyi soalnya gue denger samar-samar ada nadanya gitu dehhh…, hedeehhh ILha bener-bener terinspirasi mo jadi penyanyi, sakit aja masih semangat latihan vocal. Gue lebih fokusin kuping gue, ternyata ILha nyanyiin lagu yang judulnya JAUH yang notobene diciptain Geby yang meninggal beberapa tahun yang lalu gara-gara bunuh diri lantaran pacarnya is death !!!

           Tiba-tiba gue jadi merinding abis denger ILha nyanyi lagu itu dengan suara bisik-bisik. Gue colekin Lia ama Karin yang duduk depan gue trus kasi tau mreka soal apa yang baru aja gue denger. Mreka sih mulanya Cuma cekikikan tapi tiba-tiba ILha jadi pingsan dan itu bikin cekikin mreka brubah jadi histeris, bu Andir jadi kaget dan cepet-cepet ke arah bangku gue ama ILha, spontan teman-teman yang laen jadi berkerumun di sekeliling bangku gue.. huff jadi gerahhhhh…

Gak lama setelah ILha pingsan, dia tiba-tiba bangun tapi sambil nangis meraung-raung “he…e…e..e..e…..e…e….” pokoknya nangisnya nyeremin deh, kayak di pilem-pilem horror yang biasa gue liat di tipi itu tuh… tatapannya juga jadi aneh, trus dia treak-treak, pokoknya intinya dia “KESAMBET SETAN”… gue jadi ambil jarak dari dia, sumpah….gue takut, benner-benner takut !!! si Karin malah jadi ambil posisi deket ILha trus baca Ayat Kursi, katanya biar setannya jadi kluar dan gak balik-balik lagi. Gue, Ayu, ama Ari sama…,parno terlalu deket sama ILha, kalo si Lia?? gue lupa kasi tau dari awal kalo Lia udah pingsan and kesambet duluan waktu upacara bendera, dia di bawa ke UKS and diurusin ama guru-guru di sana.

Si ILha jadi kuaaaaattt banget, tenaganya jadi berlipat ganda, dia ngamuk-ngamuk jadi tangannya di pegangin terus…, gak lama dia bilang…

“Panggilin teman-temanku yang ada di foto itu…,,, Kiki…Karin…Ica..Lia..Ari…”

Hyaaaaaaakkkkkkkk……….bulu kuduk gue berdiri semua, denger ILha, eh salahhh…maksud gue tu setan nyebut-nyebut nama gue… dan gara-gara dia bilang gitu, jadi ketauan deh setan dalem diri ILha itu si setan mirip monyet yang tempo hari numpang narsis bareng kita-kita…,,

“Semuanya sudah ada di sini, di samping kamu dari tadi…,,buat apa memangnya kamu panggil semuanya???” tanya bu Andir

Setan ngejawab “Belum, masih ada yang belum datang, panggil semuanya…pokoknya saya tidak akan keluar dari sini kalau semuanya belum datang…”

Widiiiihhhh…… Bu Andir ama tu setan jadi bincang-bincang, kayak wawancara gitu deh, bu Andir penanya nya trus tu setan narasumbernya.

          Emang sih, yang ada dalem foto itu blom ada di deketnya semua, secara gituhh…Ica gak sekelas ama kita dan waktu itu dia lagi belajar di kelasnya yang tepat sebelah kelas gue.

          Karena ILha gak nyadar-nyadar juga, dia diboyong ke Mesjid, diurusin sama pak guru gue yang ustad gitu deh namanya pak Hamid ama pak Djamal.. pas dia pergi, si Ica dateng ke kelas, dia jadi ketakutan ampe nangis-nangis gituhh… kasiaaannn…kecebongnya ApDol jadi kayak tertekan gitu dehh palagi pas gue ceritain kalo smua yang ada di foto itu dipanggil-panggil trus ama tu setan, begitulah kalo jiwa provokator gue muncul lagi… *plakkkk….*

          Oke, ILha udah diurusin ama yang ahli, tapi gak lama kemudian…si Karin nyusul ngamuk-ngamuk, dia nyusul kesambet juga, padahal tadinya dia yang paling berani and semangat gitu bacain ayat Kursi buat ILha eh malah dia yang kena berikutnya,,hhahhahha….. suaranya yang menggelegar itu jadi nambah menggelegar lagi…besar plus kenceeeeeeeeeeng banget waktu treak-treak, waktu di tanya-tanyain ama temen-teman sekelas gue, tu setan bilang rumahnya itu di sumur bekas yang ada di belakang skolah gue…

Emmaaaaaaaaaaaaakkk…..tu sumur kan adanya ampir belakang kelas gueeehhhh…..,iiihhh…..nyeremin bangeett sih..,,,tu kan gue bilang juga apa, setan di Indonesia tuh masih katro-katro and gak ada elite-elite nya, buktinya rumah ni setan di sumur…huedeeehhh….gak mutu banget kannnn…!!!

          Gue, Ayu, Ica ama Ari Cuma bisa gigit-gigit jari, mulut gue komat-kamit baca surah AL-Ikhlas, AL-Falaq ama Annas trus, persis mbah dukun yang lagi baca mantra gitu deh…,, itu karena gue jaga-jaga sapa tau aja temen-temen si setan mirip monyet juga berencana masukin raga gue gitooohhh…

          ILha katanya udah sadar jadi dia diboyong pulang ke kelas, tapi mukanya puceett banget…,,trus tatapannya masih aneh banget, gue gak yakin tu setan udah kluar.. dan bener aja lama-lama dia ngamuk-ngamuk lagi, heh…ni setan pintar acting juga, gara-gara dia gak mau digangguin ama pak guru dia pura-pura keluar padahal masih di dalem, tapi gue emang yang paling pinter and gak bisa ketipu ama acting gak mutunya tu setan….hhahha…. tapi gara-gara Karin masih ngamuk-ngamuk di kelas ampe di gampar ama teman cowok gue biar setannya keluar, si ILha jadi dipindain ke kekelas sebelah, tepatnya kelas Ica.

          Gue jadi keluar and nenangin diri di bawah pohon yang ada depan kelas gue bareng Ari, Ayu, ama Ica. Tapi beberapa menit kemudian gue liat ada siswi dari kelas laen yang ngamuk-ngamuk ampe dibawa ke mesjid, kurang lebih 5 menitan ada lagi, begitu seterusnya…pokoknya korban kesambet nambah terus, berjatohan aja gitu rame-rame. Di mesjid jadi penuh, isinya siswi-siswi yang lagi dirukiyah… gue makin takut, surah yang gue baca gak bisa selesai ampe ayat terakhir, malah sering salah nyambungin ayatnya, contohnya gini…

“Kul huallahu ahad’…

Allahussamad’…

Lammiyalid’…

Wallam yuwaswisu fisuduri nnas…

Waminsyarri khasidin isa wakab…”

Jiahhhh….gubrackk…surah AL-Ikhlas digado2in ama surah Annas n terakhir bumbunya pake surah AL-Falaq…, gak jelas banget deh pokoknya. Mulut gue ampe berbusa-busa komat-kamit mulu tapi gak bisa benerin bacaan saking takutnya…. ASTAGFIRULLOOOOOOHHH…

          Ica di deket gue makin lama makin pucet, gak lama kemudian dia ikut-ikutan pingsan trus ngamuk-ngamuk…gaya ngamuknya ngingetin gue ama kecebong yang berliuk-liuk indah dalem kolam ikan SD gue dulu yang tiap pagi gue tangkep trus gue aniaya dibaskom kecil tempat cuci tangan kelas gue…,,hhahhahha…., dia juga sama, di bawa ke mesjid buat diurusin ama pak ustad..

          Gue dengan bijaknya ngingetin Ayu ama Ari biar selalu tenang dan gak boleh ngayal biar setan gak gampang masuk padahal dalem ati gue nihhh…..udah jerit-jerit sejak tadi.., Ayu ama Ari manggut-manggut aja tanda ngerti… Tapi gak lama kemudian Ayu jatoh kebelakang “PLAKKKK….” Sumpah gue yakin dan percaya kpalanya bagian belakang pasti sakit banget kejedot lantai, mungkin aja sampe be’konde gitu…, abis jatoh dia nangis meraung-raung dan seperti korban yang laen dia juga ngamuk-ngamuk gak karuan, gue langsung ngibrit lari jauh-jauh…Sorry Yu’, waktu itu gue bukannya gak setia kawan tapi sumpah…,,,gue yakin banget waktu itu kalo setan dalam diri loe lagi manggil temannya buat nyambet gue…

”teman-teman….kesini kalian…disini masih ada cebong anyut yang ngikut difoto tapi blom jadi korban…,,ayo…ayo…kemarilahhhhh…!!!” gitu deh kira-kira kalimat yang diucapin tu setan andai aja gue bisa denger…

          Setelah itu Ari juga ikut kesambet…,, murid-murid jadi dipulangin takut lebih banyak lagi korban yang berjatuhan, tu hari kayak perang antara setan ama manusia-manusia…, sekolah jadi rame di datengin warga, heh…emanknya mreka pikir sekolahan tempat tamasya apahhhh….

          Gue pun buru-buru pulang soalnya Aphrodite dodol Cuma gue yang tersisa, dalem ketakutan gue, otak gue mikir kalo gue emang bener-bener hebat, setan gak bisa nyambet gue padahal gue yakin seyakin-yakinnya mreka dah susah payah mo masuk ke dalam raga gue..jiahh…bahasa gue gembel banget..!!! tapi emang iya kock..!!! wkwkwkwk….

          Pas depan lapangan basket, ada satu siswi yang diboyong ama keluarganya pulang masih dengan kondisi kesambet, gue sih gak tau siapa namanya, gue gak kenal gitu deh ama dia, tapi dia berhenti waktu ngeliat gue, matanya melotot, bola matanya yang hitam putih jadi hitam merah…,hedehhh…pokoknya nyeremin banget, sumpahhh !!!! jari telunjuknya di arahin ke gue dia lalu bilang “LOE KIKI KAN…,,GUE BUNUH LOE !!!!” waktu itu gue ngrasa bumi berhenti berputar, kaki gue jadi beku gak bisa digerakin, gue lemesss….,,tu setan bilang mo ngebunuh gue, kayaknya dia murka banget gara-gara gak bisa-bisa nyambet gue…, tapi tiba-tiba ada tangan yang narik gue, itu Indra temen sekelas gue, dia nganter gue pulang ke rumah. Karena gue takut masuk ke dalem rumah yang masih kosong lantaran bonyok gue masih ngajar dan ade gue masih di sekolah, gue mutusin buat ngikut Indra aja deh kemanapun dia mo pergi. Indra malah kasi usul gila, dia bawa gue ke rumah Karin katanya si Karin udah ada disana abis dibawa pulang ama bokapnya.. Pas gue masuk nih…gue liat Karin masih dengan muka kusut, malahan lebih kusut dari pada waktu kesambet, dia udah sadar,,,huff…alhamdulillah ya oloooohhh…,, gue nengok ke kamar sebelah, ternyata ada Ica juga disitu, dia juga udah nyadar diri…,,, dari berita yang gue denger..katanya korbannya udah kurang lebih 70 orang…,,, pas gue nyalain tipi di rumah, kejadian kesambet rame-rame itu masuk di berita salah satu channel tipi…, pokoknya gempar..par..par..banget dehhhh…

          Pas malem, gue jadi gak berani tidur ndiri, gue parno, bener-bener parno stadium 4, nyokap jadi tidur deket gue selama seminggu. Foto yang ada setan ikut narsisnya itu, hedehh…gak nanggung-nanggung langsung gue delete dari komputer gue, trus supaya gak ada bekas sama skali gue remove scara permanen di recycle bin.., pas masuk skolah lagi, saking trauma dan takutnya, gue jadi bikin pengumuman di mading skolah,,,
bunyinya gini “SIAPA SAJA YANG MASIH MENYIMPAN FOTO KAMI MUSTERHARFT YANG DI PESANTREN KILAT ITU YANG ADA MAKHLUK ANEHNYA TOLONG DI DELETE DAN DIBUANG JAUH-JAUH”. Mungkin kesannya jadi lebay tapi apa boleh buat, daripada ntar setannya ngamuk-ngamuk lagi gara-gara dikalah tenar ama kami mending ngalah ajahh…

          Setelah kejadian itu gue jadi kapok ngeledekan setan, pokoknya laen kali walopun gue liat setan mirip babi ngepet skalipun, gak bakalan deh gue ledekin lagi…,,,huff….ternyata setan juga punya harga diri.

@Warning : “SETAN JUGA MANUSIA BIASA YANG PUNYA HARGA DIRI”, na lohhh….kock setan juga manusia sih,, setan ya setan.., manusia ya manusia begooo !!! *plakkk….*@

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami