Optimalkan Peran Mahasiswa, Dema FSH Selenggarakan Sekolah HAM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Penerimaan Materi "Konsepsi Negara Hukum dan Perrlindungan Terhadap HAM" oleh Hisbullah, pada Kegiatan Sekolah HAM hari Pertama. di Mess Yaksin BKKKS Makassar

Washilah – Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan kegiatan Sekolah Hak Asasi Manusia (HAM) yang bertempat di Mess Yaksin BKKKS Makassar, Rabu (14/07/2021).

Kegiatan kali ini bertajuk “Peran Mahasiswa Dalam Optimalisasi HAM”. dan diinisasi oleh Bidang Penalaran dan Keilmuan Dema FSH Periode 2021-2022.

Kabid Keilmuan Muh. Imam, mengatakan pelanggaran HAM yang Semakin meningkat dan penanganan yang lamban, kemudian bagaimana seharausnya mahasiswa mengambil peran.

“Pelanggaran HAM yang semakin meningkat dan proses penanganan terhadap pelanggaran HAM yang kemudian sangat lamban, dan dengan kegiatan ini dapat memberi pemaham tentang peran yang seharusnya mahasiswa lakukan terhadap Substansi Ham baik secara teori maupun praktis nya”, jelasnya.

Senada dengan Ketua Dema FSH Muh Vikram Syarir As, menuturkan penyelenggaraan Sekolah HAM bukan hanya sekedar proses penyadaran dan pemahaman.

“Dalam Proses pemahaman tidak hanya sekedar paham, tentu harus mampu melaksanakan akan pemahaman secara teori maupun secara praktek nya, hari ini kita tau bahwasannya pelanggaran HAM semakin meningkat dan peran mahasiswa tentu sangat diperlukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, peran mahasiswa dalam optimalisasi pengawalan kasus-kasus pelanggaran HAM Sangat di butuhkan. Mengingat seorang mahasiswa sebagai penyambung lidah masyarakat.

“Menjelaskan seorang mahasiswa harus memahami peran sebagai penyambung lidah masyarakat kepada pihak pemerintah terkait permasalahan pelanggaran Ham itu sendiri, maka dari itu seorang mahasiswa harus lebih dalam mengkaji persoalan Pelanggaran Ham,” tutupnya.

Penulis : Al-Kautsar Taufik

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami