Tingkatkan Moderasi Beragama, Fakultas Adab dan Humaniora Gelar Kuliah Umum

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin,, memaparkan materi mengenai moderasi islam secara online melalui aplikasi Zoom, Sabtu (13/03/2021).

Washilah – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar adakan kuliah umum secara online melalui aplikasi Zoom dengan tema “Peran PTKIN dalam Mendorong Moderasi Beragama Masyarakat”, Sabtu, (12/03/2021).

Jumlah partisipan yang mengikuti kuliah umum berjumalah 905 orang, diantaranya Dosen dan para staf FAH, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sejajaran.

Dekan FAH Dr. Hasyim Haddade, mengungkapkan alasan diangkatnya  tema tersebut karena moderasi beragama sangat aktual untuk dibahas.

“Moderasi beragama masih menjadi tema aktual sampai sekarang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Lanjut, Kuliah Umum ini merupakan program fakultas yang diadakan setiap dimulainya perkuliahan semester ganjil atau genap.

“Sudah menjadi program rutinitas akademik setiap kali memasuki perkuliahan semester ganjil atau genap,” tegasnya.

Dirjen Bimas Islam, H. Kamaruddin Amin, dalam pemaparan materinya ia mengatakan, Indonesia adalah negara yang toleran, menghargai perbedaan dan Indonesia juga sebagai pusat moderasi keagamaan.

“Indonesia adalah negara yang damai, negaaa yang sangat toleran, negara yang sangat menghargai perbedaan, kira-kira bisa disebut negara yang sangat modern untuk memenuhi patron bahwa ini pusatnya dalam moderasi agama,”paparnya.

Lanjut Kamaruddin, Indonesia adalah negara yang demokrasi dan memiliki konstitusi yang sah.

“Bisa dilihat dari konstitusi dari pancasila, UUD NKRI yang sangat di inspirasi oleh nilai-nilai agama bahkan dalam berbangsa dan bernegara kita lihat banyak sekali produk-produk sah UU yang mengakomodir hasil agama itu meskipun bukan negara agama,” ungkapnya.

Penulis: Dhea Anggreny & Andi Fahrul Aziz (Magang)

Editor : Agil asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami