HMJ HI Melihat Situasi Dunia dan Isu Internasional Melalui Kajian

Facebook
Twitter
WhatsApp
Proses Berlangsungya Kajian yang di adakan oleh HMJ HI melauli zoom meeting, sabtu (13/03/2021).

Washilah – Setelah resmi memiliki pengurus Himpunan pada tahun ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hubungan Internasional (HI) UIN Alauddin Makassar gelar Kajian Rutin untuk pertama kalinya, melalui via Zoom meeting Clouds, dengan fokus mebahas konflik di Myanmar, Sabtu (13/03/2021).

Mengusung tema “Myanmar’s Democratic Crisis and ASEAN’S Position in Response” dengan mengundang pembicara yang Inspiratif yakni, dua Dosen Prodi HI, Aspin Nur Arivin Rivai, dan Achmad Abdi Amsir, sukses mendapatkan banyak atensi dari Mahasiswa Program Studi HI, khususnya bagi mahasiswa yang tertarik mengenai kudeta Militer, Demokrasi dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang problematik di Myanmar.

Muh. Taufik Hidayat selaku Ketua Umum HMJ HI menjelaskan bahwa kajian rutin ini bertujuan agar mahasiswa HI dapat Up to Date mengenai isu-isu internasional.

“Tujuan dari pada kajian rutin ini ialah bagaimana melihat situasi dunia Internasional  dan isu-isu yang berkembang sejauh ini dan tak lupa agar Sense of Crisis dari peserta ikut terbangun dalam kajian,” Jelasnya.

Lebih lanjut mahasiswa yang akrab disapa Taufik ini mengaku kajian rutin rencananya akan terus diadakan selama periode kepengurusannya.

“Kajian Rutin ini rencananya akan diadakan setiap bulan, agendanya maksimal dua kali dalam sebulan dengan melihat situasi dan kondisi yang ada” Tambahnya.

Selain itu Dosen Prodi HI sekaligus pembicara dalam kajian,  Achmad Abdi Amsir, menuturkan bahwa kajian-kajian seperti ini sangatlah penting bagi Mahasiswa HI dan juga Masyarakat Umum. Ia juga menyampaikan saran untuk Kajian Rutin HMJ HI kedepannya.

“Bagi mahasiswa HI, kita dituntut untuk terus menerus mengkaji semua fenomena politik global yang terjadi, karena kita harus menyadari hakikat eksistensi kita sebagai bagian dari masyarakat global yang tidak terpisahkan dan untuk diskusi berikutnya, penting juga kita diskusikan tema yang beragam yang tidak hanya membahas mengenai High Politics semata, Postmoderenisme juga tidak kalah penting. Semoga kegiatan diskusi Ilmiah HMPS HI UINAM ke depan akan semakin baik lagi.” Harapnya.

Penulis : Andi Annur Aisyah (Magang)

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami