Kasus Pungli Dosen FKIK, Ketua Dema Beri Tanggapan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Kasus Pungutan Liar (Pungli) kembali terjadi oleh oknum Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) kepada mahasiswa jurusan Farmasi demi suatu syarat untuk melakukan konsultasi Skripsi dalam rangka penyelesaian masa studi mahasiswa.

Menurut kabar beredar, seorang Dosen pembimbing berstatus sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK berinisal GNH memalak mahasiswa jurusan Farmasi yang dibimbingnya untuk membawakannya bunga sebagai syarat konsultasi skripsi.

Setelah dikonfirmasi soal perkembangan tim kecil yang dibentuk oleh Dekan FKIK untuk mengusut kasus ini, Dr Syatirah Jalauddin mengatakan kasusnya sementara diproses.

“Sementara diproses, sudah memasuki tahap sidang investigasi,” ucapnya.

Ketua Dema FKIK Muslimin M menanggapi kasus Pungli yang telah dilakukan oleh Dosen FKIK, ia menyampaikan kekecewaannya karena Dosen yang bersangkutan menjabat sebagai pimpinan di Fakultas.

“Tentu itu hal yang tidak bisa dibenarkan Dosen yang harusnya jadi panutan justru membuat mahasiswa hilang kepercayaan atas apa yang dilakukan, terlebih ketika yang bersangkutan merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik. Pungli terhadap mahasiswa harus ditindak lanjuti dan diberikan efek jerah agar tidak terulang kembali,” ucap mahasiswa Keperawatan semester lima itu.

Lebih lanjut, Muslimin mengatakan kasus ini menambah catatan buruk dilingkup FKIK setelah beberapa waktu yang lalu terdapat masalah pada saat pesta demokrasi mahasiswa.

“Hal ini kembali menambah catatan buruk bagi FKIK terkhusus di tataran para Pimpinan, Beberapa waktu yang lalu pada saat proses pemilihan Dema di FKIK, Pimpinan Fakultas mencederai demokrasi mahasiswa dengan menetapkan Ketua Dema yang tidak sesuai dengan Mekanisme dan prosedur yang berlaku di LPP,” lanjut Muslimin.

Terakhir ia berharap dengan adanya dinamika di FKIK bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi.

“Memang banyak hal yang tidak beres dan harus dibenahi di tataran pimpinan FKIK melihat fenomena yang akhir-akhir ini terjadi di Fakultas, harus ada perubahan untuk kedepannya, FKIK harus keluar dari zona ketidakbaikan yang selama ini selalu melekaKasus Pungli Dosen, Ketua Dema FKIK Beri Tanggapan,” tutupnya.

Penulis: Nadia Hamrawati Hamzah (Magang) 

Editor: Rahma Indah 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami