Tawarkan Konsep FLATS, Ulfiyah Raih Juara II Essai Tingkat Nasional di Medan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – FLATS (From Library to School): Program Pendidikan Lanjutan terhadap Anak Putus Sekolah dengan Konsep Home Terrace Library dan Home Terrace School berhasil keluar sebagai juara II pada Lomba Essay di PGSD FAIR 2020 Universitas Negeri Medan, Rabu (16/09/2020) kemarin.

Judul essay tersebut merupakan karya dari Ulfiyah Ningsih Mahasiswi Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar.

Menurut Mahasiswi semester tiga itu, FLATS adalah ide program yang menghubungkan sistem perpustakaan ramah anak dengan sistem sekolah guna menanggulangi masalah anak putus sekolah.

“Anak yang putus sekolah terlebih dahulu diperkenalkan dengan dunia pendidikan melalui perpustakaan ramah anak. FLATS ini terbagi jadi dua program yaitu Home Terrace School dan Home Terrace Library,” katanya.

Lebih lanjut, Home Terrace Library adalah konsep perpustakaan ramah anak yang dibangun di perkampungan dengan sasaran utama anak putus sekolah. Home Terrace Library ini bertujuan untuk menciptakan kebutuhan anak akan perpustakaan.

Home Terrace School adalah konsep sekolah informal yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan meningkatkan keterampilan anak putus sekolah,” jelasnya.

Lokasi pelaksanaan program ini memanfaatkan teras rumah penduduk yang tidak digunakan diubah menjadi perpustakaan dan sekolah informal. Diharapkan dari program ini adalah setiap anak mendapatkan pendidikan dan memiliki keterampilan.

Terakhir, Ia menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak yang telah mendukung atas prestasi yang diperoleh.

“Saya hanya ingin menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya, khususnya dari HMJ Kimia, pihak dari Jurusan Kimia, dari Fakultas Sains dan Teknologi, hingga dari Universitas. Saya berharap kedepannya, saya bisa menghasilkan yang lebih lagi,” tutupnya.

Penulis : Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami