Rangkaian Kegiatan Hartaru Nasional, Resmi Dibuka Hari Ini

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana pembukaan rangkaian kegiatan Hari Tata Ruang (Hartaru) Nasional, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik PWK. Pembukaan ini berlangsung di Lantai III Gedung C Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Jumat (8/11/2019).

Washilah – Ketua Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) resmi membuka rangkaian kegiatan Hari Tata Ruang (Hartaru) Nasional, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik PWK. Pembukaan ini berlangsung di Lantai III Gedung C Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Jumat (8/11/2019).

Kegiatan yang bertemakan, “Pembangunan Kita Mulai Dari Desa” ini dirangkaikan dengan bentuk pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan di Desa Lassa-Lassa, Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa pada tanggal 15 November hingga 16 November 2019 mendatang.

Ketua Jurusan Teknik PWK, Andi Idham memberikan respon positif terhadap tema kegiatan yang digarap oleh panitia.

“Tema yang digarap oleh panitia ini cukup baik, karena tema ini sesuai dengan nawacita Presiden RI, yakni membangun dari pinggiran ke tengah. Hal ini dapat menggambarkan bagaimana desa merupakan awal dalam sebuah pembangunan,” ucapnya.

Ketua Panitia, Hardianti Basir menjelaskan latar belakang pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada Hartaru.

“Seperti yang diketahui, pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan ini, HMJ Teknik PWK akan melakukan pengabdian sekaligus menyadarkan masyarakat bagaimana pentingnya membangun dari lingkup terkecil,” jelasnya.

Ia juga menambahkan alasan mengapa Desa Lassa-Lassa dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat.

“Jika diperhatikan, Desa Lassa-Lassa memiliki potensi bencana alam, salah satunya longsor. Oleh karena itu, selain melakukan kerja bakti bersama masyarakat, HMJ Teknik PWK juga akan mengedukasi peserta didik dengan mengajarkan cara membuat pemetaan jalur evakuasi bencana,” tambahnya.

Program pengabdian masyarakat ini, juga ditanggapi baik oleh mahasiswa aktif Jurusan Teknik PWK, Ishak Firmadani menurutnya program pengabdian ini akan bermanfaat luas bagi masyarakat sebagai sasaran, maupun mahasiswa sebagai pelaksana.

“Pengabdian ini tidak hanya baik bagi masyarakat, tetapi juga baik bagi mahasiswa. Melalui pengabdian ini, masyarakat dan mahasiswa akan dapat bertukar pemahaman terkait perkembangan wilayah. Mahasiswa juga akan terlatih untuk lebih peka terhadap pentingnya sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua HMJ Teknik PWK, Abdul Majid berharap kegiatan ini memberikan gambaran maupun pelajaran bagi pengurus himpunan berikutnya.

“Selain bermanfaat dalam lingkup bermasyarakat, saya berharap kegiatan ini nantinya dapat memberikan pelajaran dan gambaran terkait program kerja yang akan dilanjutkan dan dikembangkan oleh adik-adik kepengurusan himpunan selanjutnya,” harapnya.

Penulis: Ridah Amalia Hamzah (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami