105 Mahasiswa Hadiri Pelatihan Citizen Journalism dan Writing Class

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pembukaan Pelatihan Citizen Journalism dan Writing Class yang dibuka oleh Dr Amiruddin selaku ketua jurusan Perbankan Syariah, yang bertempat di Aula Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar, Sabtu (11/05/2019)

Washilah – Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah (PBS) mengadakan Pelatihan Citizen Journalism dan Writing Class yang dihadiri sebanyak 105 mahasiswa PBS selaku peserta pelatihan. Kegiatan ini bertemakan “Tajamkan Indra, Penakan Karya” yang bertempat di Aula Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN Aluddin Makassar, Sabtu (11/05/2019).

Hari pertama pelatihan ini hadirkan pembicara Nurfadillah Bahar selaku wartawan Gosulsel.com dan juga sekertaris umum periode 2015-2016 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Informasi Mahasiswa Alauddin (LIMA) UIN Alauddin Makassar.

Menurutnya, Citizen Journalism adalah masyarakat yang mengumpulkan, melaporkan, dan menganalisa berita-berita khususnya di media sosial. Karenanya pelatihan ini diharapkan dapat menciptkan citizen journalis dalam kampus khususnya dari jurusan PBS yang membuat berita sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

Output dari kegiatan ini adalah semoga teman teman Perbankan Syariah bisa menjadi citizen journalism yang bisa memberikan informasi sesuai dengan kode etik penulisan berita. Semoga kita bisa menjadi gawang informasi, dan menfilter informasi yang ada dimasyarakat sebelum kita mempercayai maupun membagikan informasi tersebut kepada khalayak,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tidak semua orang yang menuliskan suatu peristiwa di media sosial disebut citizen journalism. Citizen journalism harus membuat berita yang memenuhi aspek 5W+1H.

“Tulisan yang beredar di sosial media tidak semua bisa dikategorikan sebagai citizen journalism. Pemenuhan unsur 5W+1H menjadi aspek paling penting dalam tulisan tersebut,” lanjutnya.

Al Mukni salah satu mahasiswa Perbankan Syariah mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan ini karna dengan pelatihan ini sebagai wadah mengetahui kerja-kerja jurnalistik. Ia pun berharap dengan adanya pelatihan ini mahasiswa PBS dapat mengembangkan soft skillnya dan mengaplikasikan materi yang dalam pelatihan tersebut.

“Pelatihan ini sebagai wadah menambah pengetahuan untuk mahasiswa PBS tentang bagaimana cara menyebarkan informasi dalam bentuk berita yang benar kepada khalayak. Kemudian dengan pelatihan ini saya berharap dapat mengembangkan soft skill dalam bidang jurnalistik, serta dapat mengaplikasikan kepada masyarakat materi materi yang diturunkan dalam pelatihan ini”.ungkapnya

Selain diskusi mengenai Citizen Journalism, kegiatan ini juga diselingi dengan praktek menulis berita. Kegiatan ini pun masih akan berlangsung yakni pada tanggal 12,18,19 mei 2019 mendatang.

Penulis: Nurul Wahda Marang
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami