Reporter Fajar Jelaskan Proses Pembuatan Koran

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto bersama In House Training Jurnalistik (IHTJ) XVIII Unit Kegiatan Mahasiswa (PKM) Lembaga Informasi Mahasiswa Alauddin (LIMA) di Graha pena Fajar TV, Sabtu (13/04/2019).

Washilah – Reporter media cetak Fajar menjelaskan proses pembuatan koran kepada Peserta In House Training Jurnalistik (IHTJ) XVIII, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Informasi Mahasiswa Alauddin (LIMA), saat melakukan kunjungan media di gedung Graha Pena Makassar, Sabtu (13/04/2019).

Reporter Pemerintahan Fajar Andi Saiful menjelaskan, tahap pertama dalam pembuatan koran fajar adalah melakukan rapat proyeksi yang akan diliput oleh reporter.

“Akan ada rapat terlebih dahulu untuk menentukan isi berita, lalu reporter mencari informasi yang layak dan menarik dijadikan berita, dan memperhatikan beberapa komponen, misal menyusun pertanyaan, atau melansir sumber yang tidak asal – asalan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, setelah reporter menulis berita, editor akan melakukan proses editing.

“Setelah menulis berita, selanjutnya tugas editor memeriksa hasil tulisan, memperhatikan ketepatan judul, dan jeli dengan kosa kata,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Saiful mengatakan setelah lolos di editor, layouter menyusun semua hasil tulisan, foto juga infografis.

Sementara itu, salah satu peserta IHTJ, Fadeliah mengungkapan pelajaran yang ia dapatkan dalam kunjungan media.

“Dengan adanya kunjungan media, kita bisa mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan dalam media, khususnya Fajar,” tuturnya.

Penulis: Viviana Basri
Editor: Dwinta Novelia Basri

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami