Lima Jalur Masuk Bagi Camaba UIN Alauddin Makassar

Facebook
Twitter
WhatsApp

Mahasiswa Baru memasuki Auditorium kampus II UIN Alauddin untuk melakukan orientasi Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) pada 2017 lalu.

Washilah– Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru 2019 sudah banyak dimuat di website Perguruan Tinggi (PT) sehingga disarankan untuk terus memantau perkembangan informasi seputar jadwal penerimaan mahasiswa baru, passing grade 2019, kuota penerimaan mahasiswa baru, dan akreditasi jurusan, termasuk jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswa dan Kerja sama (AAKK), Dr Yuspiani mengatakan, ada lima jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru 2019.

“Lima jalur pendaftaran, berdasarkan hasil rapim,” jelasnya.

Jalur yang dimaksud, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Masuk – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, dan Ujian Masuk Mandiri. Berikut ulasannya.

Jalur SNMPTN

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Khusus UIN Alauddin Makassar, ada 16 jurusan yang menjadi pilihan pada jalur SNMPTN, yakni Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Kimia, Matematika, Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Peternakan, Sistem Informasi, Pendidikan Dokter, Kesejahteraan Sosial, dan Hubungan Internasional.

Pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan pada tanggal 4 Januari sampai 25 Januari 2019, Pendaftaran SNMPTN 4 Februari sampai 14 Februari 2019, dan pengumuman 23 Maret 2019. Untuk registrasi dilakukan pada tanggal 29 April sampai 3 Mei 2019 pada laman pmb.uin-alauddin.ac.id

Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Untuk di UIN Alauddin Makassar sendiri, jalur SPAN-PTKIN camaba yang akan diterima adalah siswa yang berprestasi / direkomendasikan oleh Kepala Sekolah / Madrasah. Jalur masuk penerimaan mahasiswa baru ini sudah dibuka pada tanggal 23 Januari sampai 28 Januari 2019 melalui Pengisian dan verifikasi PDSS. Pengumuman hasil seleksi tanggal 1 April 2019 dan pendaftaran ulang akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 10 Mei 2019.

Jalur SBMPTN

SBMPTN 2019 merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Tujuan pelaksanaan SBMPTN adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di PT sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, calon peserta SBMPTN 2019 diharuskan telah memiliki nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta. 

Persyaratan peserta UTBK antara lain : Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018, dan Membayar biaya UTBK sebesar Rp200.000 dibayarkan melalui bank Mandiri, BTN, dan BNI.

Menurut Tentor Bahasa Inggris Jakarta Intensif Learning Center (JILC) Cendrawasih, Fitria mengatakan, tahun ini sistem UTBK pertama kali dilakukan.

“Baru tahun ini jalur SBMPTN ujiannya berbasis komputer, sistemnya ujian dulu terus nanti kita input sendiri nilai ke kampus yang diinginkan,” jelas mahasiswi UIN Makassar itu.

Pendaftaran UTBK akan dimulai 01 Maret – 01 April 2019, pelaksanaannya 13 April – 26 Mei 2019. Pengumuman Hasil UTBK 10 hari setelah pelaksanaan.

Yuspiani mengatakan, jadwal UTBK terbagi menjadi dua sesi yang akan dilaksanakan di Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Univeritas Negeri Makassar (UNM).

“Untuk SBMPTN mengikuti jadwal Kemenristekdikti. Unhas, UNM, ada dua sesi ujian,” ungkapnya.

Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan mekanisme seleksi masuk melalui ujian tertulis yang dilaksanakan serentak seluruh UIN/IAIN/STAIN. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi : www.um-ptkin.ac.id

Untuk pendaftaran ujian tulis tanggal 2-30 April 2019, pelaksanaan ujian tulis 28 Mei 2019, pengumuman hasil ujian tulis 1 Juli 2019, untuk pendaftaran ulang camaba menunggu tanggal registrasi dari panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Alauddin Makassar, dan pembayaran biaya seleksi sebesar Rp 200.000 di bank BNI.

Jalur UMM

UMM disediakan sebanyak 53 program studi di UIN Alauddin Makassar, dengan paket IPC, IPS dan IPA. Untuk mengikuti seleksi, dilakukan pembayaran di bank BNI sebesar Rp 250.000 pada tanggal 4 Juni sampai 3 Juli 2019. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 4 Juni sampai 12 Juli 2019. Seleksi akan berlangsung pada tanggal 21 Juli 2019 dan hasil seleksi pada tanggal 31 Juli 2019. Untuk pendaftaran ulang dilakukan pada tanggal 5 sampai dengan 9 Agustus 2019.

Kepala Bagian Akademik (Kabag), Drs Irwanuddin mengatakan, proses pengumpulan berkas pada saat mendaftar ulang berpusat di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (Gedung Lama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

“Semua rangkaian pengumpulan berkasnya tetap dilakukan di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru,” ungkapnya Senin (25/03/2019)

Penulis : Viviana Basri
Editor : Suhairah Amaliyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami