Gelar Kuliah Umum, Fisika FST Kenalkan Raman Spectroscopy

Kuliah umum jurusan Fisika FST UIN Alauddin Makassar di Ruang Senat, Lantai IV Rektorat.

Washilah – Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin menggelar kuliah umum. Menghadirkan pembicara dari National Nuclear Energy Agency Of Indonesia, Salim Mustofa di Ruang Senat, Lantai IV Rektorat, Kampus II UIN, Samata-Gowa. Rabu (13/03/2019).

Kegiatan ini mengusung tema “Introduction Of Raman Spectroscopy for Material Research” ini adalah kegiatan tentang pengenalan alat Raman Spectroscopy dalam penelitian dibidang Sains.

Pada kesempatan tersebut, Salim Mustofa, menyampaikan banyak hal terkait karakteristik spektroskopi raman dalam kaitan litbang dan bahan seperti tenaga nuklir, hingga prinsip kerja dari aplikasi raman itu sendiri.

“Mengingat raman memiliki banyak fungsi, diantaranya dapat mendeteksi zat baru dan mendeteksi peledak menggunakan sinar laser,” jelasnya.

Sekadar dikatahui, Spektroskopi Raman merupakan salah satu metode yang menghasilkan spektra vibrasi suatu senyawa. Spektrum geseran Raman identik dengan spektrum absorpsi inframerah suatu senyawa.

Adapun moderator dari kuliah umum itu adalah dosen Fisika FST yaitu Iswandi. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi.

Citizen Report : Nur Wasilah
Editor : Muhammad Aswan Syahrin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*