Terobosan Baru, Kafe Baca Perpustakaan Jadi Pilihan Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana Kafe Baca Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Nampak beberapa mahasiswa sedang berdiskusi dan ada juga yang hanya sekadar menikmati menu yang disediakan. Kafe Baca dibuka sejak senin kemarin. Kamis (10/03/2016)
Washilah–Pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Alauddin Makassar terus berbenah demi meningkatkan minat baca pengunjung. Ketua UPT Perpustakan UIN Alauddin Makassar Quraisy Mathar, terus melakukan terobosan selama masa jabatannya. Diantaranya melakukan penyegaran pada tampilan interior perpustakaan.

Terobosan pada interior Perpustakaan seperti langit-langit yang dicat menyerupai awan, penataan tata letak kursi, menyediakan colokan yang lebih memadai untuk pengunjung, dan menyediakan lesehan dengan gelaran karpet.

Dan baru-baru ini, telah dibuka Kafe Baca yang terletak di lantai dua Perpustakaan sejak Senin, 07 Maret 2016 lalu. Kafe Baca akan buka pada pukul sembilan pagi hingga pukul tiga sore. Pengunjung dapat membaca sambil menikmati minuman dan beberapa cemilan yang dapat dibeli langsung serta tambahan musik yang mencairkan suasana Kafe. Hal ini dapat menambah kesan nyaman pengunjung ketika berada di Kafe baca tersebut.

Menurut pegawainya Reza saat ditemui di Kafe Baca, Untuk saat ini menu yang tersedia hanya minuman dan makanan ringan saja.

“Minggu depan makanan berat mungkin baru disediakan, kalau minggu ini masih minuman dan cemilan saja karena baru buka juga,” ujar Reza.

Adanya Kafe Baca ini tentunya disambut baik oleh Mahasiswa, selain bebas masuk tentunya sambil membawa buku untuk dibaca.

“Hanya saja pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar,” tambah Reza.

Hampir setiap harinya kurang lebih 50 orang perhari yang berkunjung ke Kafe Baca tersebut. Namun, suasana ruangan terasa lebih panas dan tidak adanya stopkontak.

“Mengesankan, ini merupakan inovasi baru dan menambah minat untuk ke perpustakaan. Tapi, kurang colokan buat mahasiswa yang kutu laptop,” ujar Ira Afriani Mahasiswa jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Kamis (10/03/2016)

Laporan: Selfiana (Mag)
Editor: Afrilian C Putri

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami