Opini: Organisasi, Ilmu Tak Berbayar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ilustrasi | Int

Perkuliahan adalah tujuan utama seorang mahasiswa didalam sebuah Universitas. Mulai dari membayar uang semester, mencapai target cumlaude setelah itu mencapai tujuan untuk kerja sesuai jurusan.
Sejatinya, menjadi seorang mahasiswa ruangnya tak sesempit itu. Banyak ilmu di luar bangku kuliah yang tersebar dimana-mana. Contohnya di organisasi, mencari kelebihan lain ataupun menemukan bakat-bakat yang terpendam. Berorganisasi akan memberikan berbagai macam  pengetahuan  yang tidak di dapatkan di bangku perkuliahan.
Organisasi adalah wadah untuk membentuk mental mahasiswa yang kemudian membuatnya lebih berintegritas. Ilmu tak melulunya berbicara soal uang, dan berorganisasi membenarkan hal itu.
Bermodalkan keinginan mengikuti tahap pengkaderan, kemudian menjadi anggota adalah tahap awal bagi mahasiswa untuk memulai petualangnya dalam menemukan skill di organisasi. Selain itu, yang lebih luas tidak dihantui oleh pembayaran semester.
Dalam organisasi, seseorang lebih matang dalam bertindak dan berbagai ide kreatif akan tersusun rapi dalam bingkai keorganisasian. Menjadi lebih kritis serta mempunyai jiwa intelektual yang tinggi.
Berorganisasi pula mengajarkan makna loyalitas dan solidaritas yang sesungguhnya, saling berbagi wawasan sampai bertukar pikiran.
Jangan memandang sebelah mata sebuah organisasi, sebab mahasiswa pembawa perubahan akan lahir dari rahim organisasi.
Penulis: Sahi Al Qadri
Editor: Sri Wahyu Diastuti

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami