Dema FSH Bangun Kesadaran Jaga Alam Melalui Seminar Ekofeminisme

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pembukaan seminar nasional ekofeminisme dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FSH, Muh Saleh Ridwan melalui Zoom, Sabtu (7/5/2022). | Foto: Istimewa

Washilah – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar bangun kesadaran mahasiswa untuk jaga lingkungan melalui seminar nasional membahas ekofeminisme, dengan tema “Relevansi Perempuan dan Lingkungan Terhadap Peradaban Manusia”, melalui zoom, Sabtu (7/5/2022).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni; Puspa Dewy, selaku Kepala Divisi Kajian dan Hukum Lingkungan WALHI, serta Alfina Mustafainah, selaku Forum Pemerhati Masalah Perempuan.

Puspa Dewy dalam pemaparannya, menjelaskan paradigma ekofeminisme yakni keterikatan perempuan dan alam. Bagi Puspa Dewy, Keberlanjutan lingkungan dan sumber daya alam ialah Keberlanjutan Kehidupan perempuan.

“Tidak sekedar nilai ekonomi, tetapi melekat nilai spiritual, ketersediaan pangan, obat-obatan, dan ruang sosial. Selain merawat, perempuan juga mampu memulihkan,” jelasnya.

Sementara Alfina Mustafainah, lebih menjabarkan perkembangan ekofeminisme dalam kaitannya dengan historiografi hak perempuan. Sebagai contoh penghapusan kekerasan terhadap perempuan pada Tahun 1933 merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

Perempuan yang akrab disapa Alfina ini menambahkan, secara kultural perempuan dikaitkan dengan alam. Ada keterhubungan konseptual, simbolik, linguistik antara isu feminis dan isu lingkungan, nilai hierarkis, dualisme, “logika dominasi menghancurkan alam dan juga perempuan,” tambahnya.

Ketua Dema-FSH, Muh Arya Dwi Madaprama, berharap kegiatan ini mampu membangun kesadaran untuk jaga lingkungan.

“Menjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan ketahanan lingkungan tidak hanya menjadi tugas perempuan, melainkan keseluruhan dari manusia sebagai entitas makhluk yang saling bergantungan satu sama lain,” tutupnya.

Penulis: Hamdan (Magang)
Editor: Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami