Seminar Mahasiswa KKL IPO Bahas Sinergitas Pemerintahan di Tanah Luwu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Seminar Mahasiswa KKL IPO yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Walikota Palopo, Rabu (16/02/2022). Foto: Dok. Pribadi Panitia

Washilah – Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Jurusan Ilmu Politik (IPO) Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik (FUFP) UIN Alauddin Makassar menggelar Seminar Nasional bertajuk “Sinergitas Aktualisasi Nilai – nilai Agama, Sosial dan Politik dalam Proses Pemerintahan di Tanah Luwu”, Rabu (16/02/2022).

Kegiatan berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Walikota Palopo seminar dan merupakan rangkaian dari KKL IPO Angkatan 2019.

Koordinator Kuliah Kerja Lapangan, Febrianto Syam dalam sambutannya menjelaskan seminar ini untuk mengetahui sinergitas dan eksistensi pemerintahan di tanah Luwu.

“Kita sudah berkunjung ke beberapa instansi yang berada di Kabupaten Luwu, Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Utara, dari kegiatan ini kita ingin mengetahui sejauh mana sinergitas pemerintah dengan kedatuan di tanah Luwu,” katanya.

Sinergitas antara pemerintah dan kedatuan Luwu menurut Staf Ahli Bidang Hukum dan pemerintahan Kota Palopo, Ade Chandra itu sangat jelas. Kedatuan mengurusi adat istiadat sedangkan pemerintah mengurusi urusan pemerintahan.

“Kedatuan dan pemerintah daerah bahu membahu untuk menjaga nilai nilai agama dan sosial, apabila kedua nilai ini terus ada maka ketentraman masyarakat tanah Luwu akan terjaga,” paparnya.

Diketahui kegiatan ini dihadiri kurang lebih 120 peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Penulis: Irham Sari (Magang)
Editor: Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami