UTD PMI Makassar Jabarkan Manfaat dan Syarat Donor Darah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Proses donor darah oleh Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar

Washilah – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar menjabarkan manfaat dan syarat donor darah, Hal itu diungkapkan saat di lokasi donor darah yang diselenggarakan oleh Korps Suka Rela (KSR) PMI UIN Alauddin, bekerja sama dengan UTD PMI Makassar. Senin (20/12/2021).

Salah satu petugas UTD PMI Makassar, Nadiah Febyanti mengatakan selain untuk amal jariyah, secara medis mengurangi terserangnya penyakit anemia dan membantu terbentuknya sel darah merah yang baru.

“Kita kan memberikan darah ke orang yang membutuhkan selain sebagai amal jariyah, di dalam tubuh terbentuk sel darah baru sehingga lebih segar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Nadiah Febyanti menjelaskan syarat untuk melakukan donor darah harus berumur 17-60 tahun, berat badan minimal 45 Kg, serta tekanan darah dibawah 150/100 mmHg.

Ia juga menyarankan sebelum melakukan donor darah harus makan dan istirahat yang cukup, serta tidak boleh mengkonsumsi obat apapun.

“Baiknya dalam satu minggu tidak mengkonsumsi obat apapun karena zat obat masih ada di dalam darah, untuk perempuan jangka waktu minimal empat hari, harus bersih dari menstruasi,” tuturnya.

Salah satu pendonor, Indah Tauladani mengatakan alasannya mendonorkan darah yakni sebagai upaya menolong sesama.

“Ini untuk memenuhi jiwa kita sebagai makhluk sosial yakni saling tolong menolong,” ucapnya.

Penulis : Firda (Magang) 

Editor : Agil asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami