Inaugurasi Sebagai Kritik Terhadap Pemerintah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Penampilan teater Inaugurasi Delik 20 di Gedung Insyana, Makassar.

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin, menggelar inaugurasi sebagai wadah untuk mengkritik pemerintah, di Gedung Insyana, Makassar, Sabtu (18/12/2021).

Inaugurasi ini mengangkat tema “Tanah dan Duka Masyarakat Adat di bawah Bayang-Bayang Oligarki”. Tema ini diangkat karena melihat fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini.

“Kami selaku mahasiswa, risih melihat fenomena perampasan lahan masyarakat adat yang dilakukan oleh kaum-kaum oligarki,” ucap Ketua Panitia, Yusuf, dalam sambutannya.

Yusuf mengatakan ada banyak cara untuk mengkritik pemerintah, dimana mahasiswa tidak mesti turun ke jalan.

“Mengkritisi pemerintah tidak harus turun ke jalan bakar ban, aksi demonstrasi. Mahasiswa juga bisa menuangkannya di panggung inaugurasi melalui seni itu sendiri,” katanya.

Wakil Dekan III FSH, Dr Muh Saleh Ridwan, yang juga hadir saat itu mengatakan, kegiatan ini lebih menarik jika menghadirkan seluruh unsur pimpinan.

“Kegiatan sebagai momen kritik seperti ini, mestinya tidak hanya mengundang teman-teman, dekan dan wakil dekan. Tapi, kalau perlu hadirkan seluruh civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum,” pungkasnya.

Penulis: Mufadhdhal Raihan Al Asyraf Yusuf

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami