Adakan Bazar Dialog, HIMAJIP Bahas Kekerasan Seksual dan Literasi Gender

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pemaparan materi dari Ketua Dema Fakultas Adab dan Humaniora, Suci Rahmayani R Hanapi dalam Bazar & Dialog HIMAJIP yang berlangsung di Warkop Balla Akkado, Selasa (07/12/2021).

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (HIMAJIP) UIN Alauddin Makassar, gelar Bazar & Dialog dengan tema “Kekerasan Seksual dan Urgensi Literasi Gender”, berlangsung di Warkop Balla Akkado, Jl. Tun Abdul Razak, Gowa, Selasa (07/12/2021).

Dialog ini menghadirkan narasumber Ketua DEMA Fakultas Adab dan Humaniora, Suci Rahmayani R Hanapi, Pimpinan Umum UKM LIMA, Arya Nur Prianugraha dan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, Syahrini Istiqfarni.

Ketua HIMAJIP, Trisna Damayanti mengatakan,  dalam dialog ini HIMAJIP konsen membahas mengenai Kekerasan seksual dan pentingnya pemahaman gender.

Ia juga mengungkap tema yang diangkat dalam dialog adalah bentuk refleksi terkait kekerasan seksual yang akhir-akhir ini marak terjadi.

“Itu semua tidak terlepas dari ketimpangan terhadap kekerasan seksual yang marak terjadi di sekitar kita,” ungkap mahasiswi asal Malino itu.

Salah satu peserta dialog, Cici Nurmianty saat ditanya perihal bagaimana kampus seharusnya mengambil sikap terkait tindak pelecehan dan kekerasan seksual yang terjadi, mahasiswi yang akrab disapa cici itu menjelaskan, kekerasan seksual yang terjadi di sekitaran UIN Alauddin dapat diminimalisir dengan adanya Standard Operasional Prosedur (SOP) penanganan pelecahan kekerasan seksual.

“Seharusnya pihak kampus tidak tinggal diam dalam menyikapi kasus pelecehan kekerasan seksual di lingkup kampus, untuk menciptakan ruang aman. Makanya SOP perlu,” jelasnya.

Penulis: Irham Sari (Magang)
Editor: Ardiansyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami