Pentingnya Saring Informasi di Media Sosial

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dosen Ilmu Komunikasi UINAM Irnawati, saat menyampaikan Materi Pada Kegiatan Bazar dan Dialog Forum Intelektual Komunikasi Islam (FIKSI) yang berlangsung Di Warkop Mau.co, Rabu (03/011/2021).

Washilah – Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, menegaskan pentingnya menyaring informasi di media sosial untuk menyaring mana berita yang benar maupun betita hoaks.

Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin, Jalaluddin B, mengatakan pembaca harus pandai memikirkan informasi yang ada di media sosial, agar dapat memfilter informasi yang kita dapatkan.

“Sebelum kita berbagi informasi tersebut, ya kita harus memikirkan dulu, istilahnya saya tahu pakai, tahu isi dan tau sharingnya gitu loh, seperti itu saya kira untuk mengurangi masalah-masalah di ranah media sosial kita,” jelasnya.

Koordinator Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Alauddin ini juga menjelaskan langkah-langkah dalam menyaring informasi dengan baik. Menurutnya, informasi-informasi yang saat ini beredar di media harus dilakukan think before sharing, salah satunya adalah tau isi informasi yang ada di media sosial.

“Sebelum kita berbagi informasi tersebut, ya kita harus memikirkan dulu, istilahnya saya tahu pakai, tahu isi dan tau sharingnya gitu loh, seperti itu saya kira untuk mengurangi masalah-masalah di ranah media sosial kita,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Dosen Ilmu Komunikasi (Ikom) FDK UIN Alauddin, Irnawati, menekankan kepada pemuda dan mahasiswa untuk menjadi pengguna media sosial yang baik dengan cara menerapkan prinsip melek media, salah satunya adalah harus bijak dalam menanggapi informasi.

“Untuk pemuda dan mahasiswa dalam menyikapi media atau melek media adalah bagaimana caranya kalian bijak dan sehat dalam menanggapi isu yang ada,” pungkasnya.

Penulis : A. Muh. Rifky Nugraha & Ismail HM
Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami