HMJ PBA UIN Alauddin Ciptakan Mata Air Kepemimpinan Melalui LKM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana peserta forum Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang berlangusung di Bendungan Balang Malino, Desa Parigi, Kabupaten Gowa.

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar Pembentukan Karakter Mahasiswa (PKM) dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bertajuk “Menciptakan Mata Air Kepemimpinan”. Minggu (11/09/2021).

Program Kerja (Proker) yang rutin diselenggarakan setiap satu tahun sekali ini akan berlangsung selama tiga hari, tepatnya dimulai pada 10 hingga 12 September 2021 di Bendungan Balang Malino, Desa Parigi, Kabupaten Gowa.

Peserta pada kegiatan internal jurusan ini merupakan mahasiswa PBA angkatan 2020 yang sekarang sudah menduduki kursi semester tiga secara akademik.

Dalam sambutannya, Ketua HMJ PBA, Iqbal Khairul Raziq menyampaikan, LKM diharapkan mampu menjadi batu pijakan untuk menumbuhkan karakter pemimpin yang bijaksana bagi pribadi masing-masing peserta.

“Juga melalui kegiatan ini, dapat menjadikan dan menciptakan pemimpin-pemimpin yang siap dikritik, siap memimpin serta siap pula dipimpin,” harap Ketua HMJ.

Hal senada disampaikan Sekertaris Jurusan (Sekjur) PBA, Ahmad Munawwir LC M Pd I yang mewakili pimpinan dalam membuka acara. Menurutnya, sesuai dengan tema yang diangkat dalam kepanitiaan, melalui kegiatan ini jiwa kepemimpinan mahasiswa mampu digali dengan sebaik-baiknya.

“Pemimpin tidak selalu bermakna pemangku jabatan, akan tetapi setiap orang adalah pemimpin minimal bagi dirinya secara pribadi,” terangnya menyampaikan.

Banyak manusia papar dia, bukan sebagai pemangku jabatan, namun di sisi lain kehadirannya menjadi hal yang selalu ditunggu serta diharapkan orang lain.

“Begitupun sebaliknya. Poinnya bahwa pemimpin adalah sosok yang selalu memberikan energi positif, pemimpin adalah sebanyak apa dirinya bisa bermanfaat bagi sekitar secara khusus dan masyarakat secara umum,” tuturnya.

Penulis : Fikri Maulidin

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami