Kajur Ilmu Hukum UIN Alauddin Nahkodai Asosiasi penyelenggara Prodi Ilmu Hukum PTKIN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ketua Jurusan (Kajur)Ilmu Hukum, Rahman Syamsuddin

Washilah – Ketua Jurusan (Kajur) Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar Rahman Syamsuddin terpilih sebagai Ketua Asosiasi Penyelenggara Program Studi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Pemilihan dilakukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang di gelar di FSH UIN Sunan Ampel Surabaya, berlangsung secara blending (offline dan online) melalui Zoom meeting.

Terdapat sembilan Universitas Islam Negeri yang tergabung dalam Asosiasi ini, diantaranya UIN Ar-raniry Aceh, UIN Sultan Syarif kasim Riau, UIN SUMUT, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang. UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Alauddin Makassar.

Selain dari UIN, terdapat beberapa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang memiliki dosen dalam bidang hukum seperti IAIN Palopo, IAIN Manad, dan berbagai IAIN lainnya yang terintegrasi dengan Asosiasi ini.

Selaku ketua yang kini menjabat, penulis buku Merajut Hukum Di Indonesia ini berharap dapat menjadi Asosiasi yang unggul dan berkarakter dengan meningkatkan hubungan kerjasama dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi terkhusus dalam lingkup PTKIN.

“Harapan saya Asosiasi dapat Menjadi Asosiasi Unggul dan Berkarakter. untuk mewujudkan hal tersebut maka kegiatan yang akan dilaksanakan Program Studi Ilmu Hukum PTKIN yang Unggul dan Kompetitif dan Meningkatkan hubungan kerjasama dalam pengembangan Tridharma Perguruan tinggi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan selain dari membangun silaturahmi antar Perguruan Tinggi Negeri, juga perlu untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman serta dilakukannya pertemuan ilmiah dan jurnal ilmiah yang berkelanjutan.

“Membangun silaturahmi antar Program studi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Negeri, perlu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alamin,” lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Sekertaris Jendral Dewan Eksekutif Universitas Dema – U Ahmad Rahmad mengatakan, sebagai bagian dari jurusan ilmu hukum, Ia sangat mengapresiasi dan bangga terhadap pencapaian yang dialami Ketua Jurusan Ilmu Hukum UIN Alauddin tersebut.

“Suatu kebanggaan amat besar yang dicapai oleh beliau dan perlu kita bersama berucap syukur dan mengapresiasi, karena di antara puluhan kampus di bawah naungan PTKIN, beliau diamanahkan dan dipercayakan menjadi ketua,” pungkasnya.

Penulis : Awal Anwar
Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami