HMJ Jurnalistik Bahas Penanganan Pelecehan Seksual Melalui Dialog Advokasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Penyampaian materi oleh Mirawati Amin SH (Pengabdi Bantuan Hukum LBH Makassar) sebagai pemateri ke-3.

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar
Melaksanakan Dialog Advokasi, Bertajuk” Sinergitas Kampus dan Lembaga Mahasiswa Dalam Mengadvokasi Pencegahan dan Penanganan Pelecehan Seksual”, berlangsung di Warkop Mau co, Minggu (04 /07/2021).

Dalam dialog tersebut menghadirkan tiga pembicara, diantaranya Sekjen Dema-U Ahmad Rahmat, Pimpinan Umum UKM lima Washilah Arya Nur Prainugraha, Pengabdi Bantuan Hukum LBH Makassar Mirayati Amin.

Pada dialog kali ini mengangkat tema ” Sinergitas Kampus dan Lembaga Mahasiswa Dalam Mengadvokasi Pencegahan dan Penanganan Pelecehan Seksual”.

Ketua Jurusan Jurnalistik Dr Nur Latief Dalam Sambutanya Mengungkapkan bahwa Kasus Pelecahan itu Sangat sensitif, maka dari itu Jangan sampai Mahasiswa yang termasuk golongan terdidik melakukan tindakan tersebut.

“kata pelecehan itu sensitif sekali. Sebagai mahasiswa yang merupakan golongan terdidik, jangan sekali-kali melakukan tindakan yang tidak mencerminkan karakter seorang mahasiswa,” Ungkapnya.

Selain Itu Ketua HMJ Jurnalistik Alam Kapriadi Menjelaskan Kegiatan ini menjdi edukasi bagi Angktn 19 dan 20 yang tergolong masi muda dalam tataran Kampus UIN agar kasus pelecehan seksual tidak terjadi kepada mereka.

“Kita liat dua tahun terakhir di UIN Alauddin Makassar, marak terjadi pelecahan seksual, baik secara verbal maupun non verbal, maka dari itu Teman Advokasi Menginsiasi dialog ini kepada angkatan 19 dan 20 agar menjadi wadah pembelajaran bagi mereka,”

Lanjut, Kegiatan Ini adalah bentuk upaya dari teman Advokasi untuk mencegah dan memberitahukan tentang Penaganan Pelecehan seksual.

“Sebagai upaya untuk mencegah dan memberitahukan bahwa pelecehanya sperti ini, penagananya seperti ini walaupun kita tau bahwa penangany belum maksimal di ranah Universitas,” Lanjut Alam.

 

Penulis : Ulfa Rizkia Apriliyani

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami