Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan perempuan, HMJ Ilmu Hadis Gelar Seminar

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Ilmu Politik (FUFP) UIN Alauddin Makassar mengadakan Seminar Keperempuanan, bertempat di Macanda, Gowa. Senin (07/06/2021).

Salah satu bentuk Program Kerja (Proker) Bidang Keperempuanan, Kegiatan ini bertajuk “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan dengan Semangat Kartini di Era Modern” dan dibawakan oleh dua pemateri, yakni Ketua Jurusan Studi Agama-Agama, Sitti Syakira Abu Nawas dan Ketua Jurusan Hubungan InternasionaI, Nur Aliyah Zainal

Selaku pemateri Sitti Syakira Abu Nawas dalam wawancara mengatakan bagaimana kesempatan perempuan untuk memberdayakan sama seperti laki-laki.

“Dalam rana keilmuan hadis sebenarnya memberikan banyak bukti betapa perempuan itu diberikan ruang yang sangat luas dan menjadikan itu sebagai inspirasi untuk melihat betapa perempuan memang diberikan kesempatan seperti laki-laki untuk memperdayakan dirinya,” ujarnya.

Selanjutnya Ia berharap dalam berbagai pertemuan bukan hanya narasi keagamaan namun bagaimana perempuan juga memiliki posisi setara dengan hak dan kewajiban termasuk dalam rana publik.

“Saya sangat berharap dalam berbagai pertemuan sebenarnya yang harus dikuatkan bukan hanya narasi keagamaan tentang seperti apa seharusnya relasi laki-laki dan perempuan. tapi juga perlu penguatan narasi, bahwa laki-laki dan perempuan sebenarnya memiliki posisi setara tentang hak dan kewajibannya dalam menunjukan eksitensinya, termasuk dirana publik,” lanjutnya.

Ketua HMJ Ilmu Hadis Sahrul, menyampaikan tujuannya diadakan kegiatan tersebut agar memberikan sebuah interpretasi bahwa memperingati keperempuanan bukan sekedar mengangkat eksistensi lembaga.

“kami ingin memberikan sebuah bukti atau interpretasi yang jelas bahwasanya memperingati keperempuanan bukan hanya sekedar mengangkat sebuah eksistensi lembaga. karena perempuan itu tidak hanya sebuah momentum, melainkan setiap harinya bagaimana kita memberdayakan perempuan-perempuan Sebagai aktualisasi yang jelas yang kita buktikan setiap hari,” tuturnya.

Penulis : Heni Handayani (Magang)
Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami