Prodi Ikom Bahas Jurnalisme di era Post Truth Melalui Webinar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Sambutan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Dr. Firdaus Muhammad dalam kegiatan Webinar Nasional Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) UIN Alauddin Makassar secara daring, Via Google meet Minggu (13/06/2021).

Washilah – Program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ikom) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menggelar Webinar Nasional dengan tema “Jurnalisme di era Post Truth” secara daring via Live on Google Meet, Minggu (13/06/2021)

Kegiatan tersebut dibuka scara langsung oleh Dekan FDK, Dr. Firdaus Muhammad dan menghadirkan empat Narasumber diantaranya Dosen dan akademisi Suryani Musi, Wartawan koran Kompas Iksan Mahar, Reporter Tv one Ardianto, dan Koordinator Sindonews Makassar Agus Nyomba.

Ketua jurusan IkomĀ  Asni Djemereng, memaparkan alasan mengambil tema tersebut karena pada masa ini kebohongan dapat menyamar menjadi kebenaran dan hal tersebut merupakan ancaman bagi generasi muda.

“Ancaman yang serius bagi generasi muda dalam beberapa pemberitaan dimedia massa, dan dengan adanya Webinar dengan tema ini menjadikan pengetahuan, klarifikasi, dalam kehidupan jurnalisme,”paparnya.

Lanjut, Ia menambahkan bahwa dengan diadakannya Webinar ini akan menumbuhkan sikap nasionalisme bagi setiap insan muda.

“Menjadi jiwa nasionalisme dan memerangi berita hoax untuk meluruskan informasi guna mendidik dan merealisasikan nya dengan baik,”pungkasnya.

Sementara itu , Dosen dan akademisi Suryani Musi dalam pemaparan materinya menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang menjadikan masyarakat sulit untuk memilih berita yang faktual.

“Salah satu faktornya adalah kita terlalu sering di gempur dengan informasi berulang kali, dan hal tersebut sangat mempengaruhi alam bawah sadar kita,”ungkapnya.

Penulis :Tritia Kurniati (Magang)
Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami