Mahasiswa KKN-DK Parigi Gelar International Day Of Forest

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto Bersama Mahasiswa KKN-DK dan Aparat Desa, Serta Tamu undangan setelah pembukaan kegiatan. Jumat (02/03/2021).

Washilah – Kuliah Kerja Nyata Dari Kampung (KKN-DK) UIN Alauddin Makassar Angkatan 65 Desa Parigi Kecamatan Tinggimoncong mengadakan Kemah Karya Remaja Pelestarian Lingkungan Hidup sekaligus memperingati “Internasional Day Of Forest” yang berlangsung pada Jumat dua april sampai dengan Minggu empat april 2021.

Kegiatan ini diisi dengan beberapa kegiatan sosial, salah satunya Penanaman pohon secara massal di RW Matanna Dusun Asana, Kampung Rewako dan merupakan salah satu Program Kerja (PROKER) wajib mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar Angkatan 65 Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong.

Salah satu anggota KKN-DK Desa Parigi, Imam Abrari menganggap proker ini sangat penting. Bukan hanya sebagai formalitas semata untuk menjalankan program kerja KKN, melainkan juga menjadi bentuk realisasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban, namun dari kegiatan ini kita bisa melangkah jauh, mendekati Tri Darma Perguruan tinggi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Todak. Saat diwawancarai pada Sabtu (03/04/2021).

Menurut Todak, ada beberapa kendala yang dialami saat pelaksanaan kegiatan, salah satunya adalah keterlibatan pemuda setempat yang masih kurang, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi terbatas saat mempersiapkan kegiatan.

“Kedala yang kami alami untuk mempersiapan kegiatan ini yah partisipasi pemuda yang masih minim,” ungkapnya.

Sekertaris Desa (SEKDES) Parigi, Hizbullah Ardan Dg. Nojeng sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar tersebut, menurut beliau kegiatan-kegiatan seperti ini akan membantu pemuda Desa Parigi membangkitkan semanggat untuk tetap menjaga keasrian hutan dan lingkungan hidup masyarakat.

“Kegiatan sosial yang dilakukan anak-anak KKN ini sungguh sangat kami apresiasi, karena mereka dapat membangkitkan semangat pemuda Desa Parigi khususnya untuk tetap menjaga hutan dan melestarikan lingkungan hidup,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia juga berharap kepada masyarakat Desa Parigi khususnya pemuda desa setempat agar dapat melanjutkan kegiatan ini kedepannya.

“Saya berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi penggerak untuk masyarakat Desa parigi, khususnya pemuda selaku generasi pelanjut, sebab siapa lagi jika bukan meraka yang perlu sadar akan pentingnya pelestarian hutan dan lingkungan hidup,” harapnya.

Penulis : Ardiansyah Safnas

Editor : Ardiansyah

 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami