Berikut Alur Pendaftaran Jalur UMPTKIN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar, Sabtu (17/04/2021).

Washilah – UIN Alauddin Makassar resmi membukan pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islaman Negeri (UMPTKIN) tahun akademik 2021/2022. Sabtu, (17/04/2021).

Pendafataran ini dilakukan secara online sejak tanggal 1 April hingga 30 April 2021.

Adapun langkah – langkah untuk melakukan pendaftaran UMPTKIN sebagai berikut :

1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id.

2. Pendaftaran dilakukan hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

3. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Bank lain yang bersangkutan.

4. Pembayaran melalui Bank BNI dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI dengan menunjukkan / memasukkan nomor SIP.

5. Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antarbank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI.

6. Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

7. Setelah membayar, peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id.

8. Pendaftaran tahap ini dilakukan dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi dan lokasi ujian hingga cetak kartu ujian.

9. Ketika pelaksanaan tes, peserta mengikuti ujian SSE di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Pelaksanaan UMPTKIN akan dilakukan secara daring di rumah masing-masing dengan menggunakan aplikasi SSE (Sistem Seleksi Elektronik) UMPTKIN.

Perlu diketahui, jalur UMPTKIN hanya diikuti oleh Alumni 3 tahun terakhir. Sehingga untuk tahun 2021 ini pendaftar hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021.

 

Penulis : Andi Arifai Rahadi (Magang)

Editor : Ulfa Rizkia Apriliyani

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami