Merawat Semangat Berlembaga di Tengah Pandemi, Visi HMJ Ilmu Hukum

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ketua HMJ Ilmu Hukum Aqil Al Waris sedang memaparkan sambutannya dalam Rapat Kerja di De'Alone Hills Villa Desa Bissoloro Kabupaten Gowa. Senin (02/01/2021).

Oleh : Awal Anwar

Azan isya berkumandang, peserta Rapat Program Kerja (RAKER) bergerak untuk melakukan aktifitas ibadah dan dilanjutkan istirahat makan.

Aqil Al Waris Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hukum Aqil melalui pengeras Suara, mengimbau untuk peserta RAKER untuk berkumpul.

“Saya harap teman-teman untuk bisa berkumpul sekarang, kita makan dulu sebelum membuka Rapat kerja ini,” imbaunya dengan nada sinis kepada para peserta yang kini bergerak serentak menuju Villa De’Aleno Hills. Senin (01/03/2021).

Villa yang terletak di Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa tersebut berbentuk Rumah Panggung, di sisi kirinya terdapat kolam, serta di sisi kanannya terdapat jurang terjal. Dari teras Villa, Tampak jelas bendungan Bili-Bili yang megah, dengan kelipan lampu mengeliling.

Pukul 20.18 WIT, Rapat Kerja HMJ Ilmu Hukum dimulai. MC mengambil alih forum dan membuka acara dengan mengucapkan basmalah dan diikuti peserta forum. SeLanjutnya, MC mempersilahkan seorang laki-laki dengan badan jangkung untuk membacakan doa Demi kelancaran kegiatan, katanya.

Lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan peserta forum dipersilahkan berdiri.

“Demi menghargai jasa para pahlawan negara ini” ucap MC.

Turut dinyanyikan Mars Ilmu Hukum secara bersama-sama, gema suara peserta memenuhi forum.

Setelahnya peserta forum dipersilahkan duduk, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua HMJ Aqil Alwaris.

Dalam sambutannya, ia sangat menekankan tentang kesadaran dalam keadaan sekarang yang tidak baik-baik saja, agar semangat tetap hidup di setiap jiwa pengurus dan anggota

“Kita juga harus sadar dengan keadaan yang ada, kita hangan menyalahkan pandemik, tetapi membangun kembali semangat itu dan semoga teman teman lebih semangat diperiode ini” Harapnya

Sambutan diakhiri dengan tepuk tangan kepada laki laki berambut klimis itu. Jam menunjukkan pukul 21.02 WIT saat Demisioner Ketua HMJ Ilmu Hukum yang diwakili Demisioner Sekretaris Umum, Fahru Aziz melanjutkan sambutan sekaligus membuka acara.

Ashar, sapaan akrabnya, memulai sambuntannya dengan mengingatkan kepada peserta forum agar berdoa atas kepergiaan Al Qadri. Qadri, Ketua Angkata Ilmu Hukum 2019 meninggal 15 Februari lalu.

Malam itu, Semua peserta forum tertunduk bersama dan berdoa atas kepergian Al Qadri. Beberapa kali terdengar isak dari seorang kawan, di bagian sudut ruangan seorang kawan terisak sambil menunduk dengan telapak tangan menutup wajahnya.

Setelah doa selesai, Mahasiswa Semester VIII tersebut melanjutkan sambutannya, dirinya berpesan agar rapat kerja yang ada bukan sekadar tentang tema dengan kalimat yang luar biasa.

“Jangan sampai kita saling berkutat dalam Tema rapat yang luar biasa, tanpa adanya perubahan dalam kepengurusan selanjutnya.” Ujarnya

Akhir kalimatnya, dia membuka rapat dengan ketukan palu 3 kali. Rapat Kerja HMJ Ilmu Hukum yang digelar mulai tanggal 1-2 Maret resmi dibuka. Seluruh peserta forum riuh dengan bertepuk tangan.

*Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Semester VI. 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami