Adakan Diskusi Online, FLP dan EL Bahas Trik Tulis Opini

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dokumentasi saat Narasumber, Ahmad menjelaskan mengenai pengertian opini dalam diskusi online yang dilaksanakan FLP UINAM dan EL. Sabtu, (20/02/2020).

Washilah – Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting UIN Alauddin Makassar dan Komunitas Eliots Letter (EL) adakan Diskusi online Melalui WhatsApp Group dan Zoom Meeting, Sabtu (20/02/2020).

Kegiatan ini mengusung tema “Suarakan Opinimu” dan merupakan kegiatan kolaborasi antara FLP Ranting UIN Alauddin Makassar dan Komunitas EL dan di ikuti kurang lebih 62 peserta.

Ketua FLP Wilayah Sulawesi Selatan (SulSel) periode 2018-2020, Ahmad mengungkapkan ada 5 syarat dan sikap untuk mencapai keterampilan menulis opini.

“Untuk memiliki keterampilan dalam kepenulisan opini ada 5 syarat dan sikap yaitu: Keingintahuan dan ketekunan, kesediaan untuk berbagi, kepekaan dan keterlibatan, Resourcefulness atau kekayaan bahan dan terakhir kemampuan sang dongeng. Dalam menulis opini kita memberikan informasi kepada orang lain, itulah mengapa penting memiliki sikap keingintahuan kepada suatu isu yang ingin kita urai,” terangnya.

Ia juga menjelaskan mengenai urgensi opini harus di suarakan atau publikasikan ke media cetak maupun media online sesuai tajuk dari kegiatan ini.

“Sebagai penulis awal, mengirim tulisan ke media bisa dijadikan tolak ukur dan sebagai bahan evaluasi ketika tulisan opini kita tidak terbit. Selain itu adapun profit yang bisa kita dapatkan saat opini terbit selain Honkr juga mampu menyampaikan pesan-pesan baik kritikan dalam bentuk naskah akademik. Menulis juga merupakan proyek perang ideologi dan terakhir opini yang terbit merupakan prestasi kepenulisan dan berguna untuk mendaftar pekerjaan dan beasiswa, saya pribadi mendaftar pekerjaan dan beberapa beasiswa dengan modal tulisan yang diterbitkan pada media,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum FLP UIN Alauddin Makassar Andi Fahrul Rozi berharap melalui kolaborasi ini, FLP UINAM dan komunitas EL lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

“Dalam kegiatan ini, kami berharap Semoga nama EL dan juga FLP UINAM lebih dikenal lagi oleh masyarakat UINAM bukan hanya itu, dengan adanya kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi pemicu motivasi kepada seluruh organisasi yang ada di UINAM bahwa kita tidak perlu berkonflik ideologi, kita hanya perlu berdiskusi dan berkolaborasi, ” tutupnya.

Penulis : Nur Afni Aripin (Magang)
Editor : Ulfa Rizkia Apriliyani

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami