Adakan Bedah Buku, Implementasi Pengkadera HMI Cagora Jadi Point Utama

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya (Cagora) melakukan kegiatan bedah buku secara virtual melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara live pada aplikasi Facebook, Sabtu (20/02/2021).

Kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Dosen Filsafat Universitas Cokrominoto Yogyakarta Muhammad Hamsah, S.Pd.I, M.Pd,. yang merupakan penulis buku “Pengkaderan HMI Dalam Mencetak Karakter Bangsa,” dan di pandu oleh Moderator dari pengurus BPL HMI Cabang Gowa Raya, Rini Asriasni.

Muhammad Hamsah, S.pd.I, M.Pd, menjelaskan bahwa buku ini berisi wacana dan pikiran para tokoh HMI salah satunya Dr. Ir. Akbar Tanjung.

“Isi dari buku ini merupakan dari para tokoh HMI. Salah satunya Dr. Ir. Akbar Tanjung yang ada disalah satu pengisi kata pengantar. selain itu ada pula Budi Nurrahman, beliau adalah murid langsung Cak Nur yang merupakan salah satu ulama besar di Indonesia. Buku ini juga menjelaskan tentang bagaimana korelasi agama dan Negara itu satu dan terpadu,” ujarnya.

Point utama yang terdapat dalam buku ini yaitu, Sejarah berdirinya HMI, bagaimana implementasi pengkaderan HMI di seluruh Cabang Gowa, teori-teori dalam pembangunan HMI seperti teori Budaya, teori pengkaderan.

Muhammad Hamsah juga berharap pengkaderan informal bisa dimaksimalkan.

“Saya berharap pengkaderan formal bisa lebih ditekankan di HMI untuk mengejar ketertinggalan. Banyak kader HMI yang memiliki potensi dan mampu mendapatkan misalnya beasiswa luar negeri, namun terhambat karena kendala Bahasa, untuk itulah hadirnya pengkaderan informal yang nantinya mampu menghimpun kader-kader untuk mempelajari dan memperdalam bahasa asing khususnya Bahasa Inggris dan Bahasa Arab,” tutupnya.

Penulis : Handriana Andini Jaya (Magang)
Edotor : Ulfa Rizkia Apriliyani

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami