KPU Mengajar Jadi Rangkaian Acara Launching Lembaga LKPM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto bersama setelah kegiatan KPU Mengajar berakhir. Bertempat di Leacture Theatre (LT) FDK UIN Alauddin Makassar, Kamis (12/12/2019).

Washilah – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar KPU Mengajar setelah acara launching lembaga Laboratorium Komunikasi Politik dan Media (LKPM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pemilihan umum. Bertempat di Leacture Theatre (LT) FDK UIN Alauddin Makassar, Kamis (12/12/2019).

Kerja sama KPU Gowa dan UIN Alauddin ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama terkait kepemiluan.

Moderator yang juga merupakan dosen komunikasi FDK, Irnawati dalam pembukaanya mengatakan ketika berbicara politik dan demokrasi bukan hanya soal menjadi partisan.

“Ketika kita berbicara politik, kita sebagai mahasiswa berpikir bahwa kita ini partisan dalam artian bahwa kita main di dalamnya, padahal ketika berbicara konteks politik dan demokrasi bukan bagaimana kita menjadi orang yang terlibat, tapi bagaimana kita bisa menjadi pemilih, penyelenggara dan partisan,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Gowa, Tasrif mengungkapkan mahasiswa itu beperan penting dalam pemilihan.

“Mahasiswa sangat berperan penting dalam menentukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Umum (Pemilu) agar bisa berkualitas dan demokratis,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan mindset mahasiswa yang menentukan hasil pemilihan.

“Jika mahasiswa memiliki mindset bahwa pemilihan akan berintegritas sudah pasti pemilihan yang akan datang akan demokratis dan berintegritas. Namun, jika mindset mahasiswa pragmatisme maka jangan terlalu berharap bahwa pemilihan yang akan datang akan berkualitas,” tambahnya.

Penulis: Nur Apiah B (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami