KKN Angkatan 61 Desa Mamampang Ciptakan Generasi Pendakwah Melalui Seminar Korps Mubaliq

Facebook
Twitter
WhatsApp
Salah satu pemateri, Abdul Muin menyampaikan materi Sunnah dan Rukun khutbah Jum'at, berlangsung di Sekolah Rakyat (SR) Desa Mamampang Selasa (17/12/2019).

Washilah – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 61 UIN Alauddin Makassar Posko Desa Mamampang Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa menggelar Seminar Korps Mubaliq selama dua hari terhitung Senin sampai Selasa (16-17/12/2019) di Sekolah Rakyat (SK) Desa Mamampang.

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Generasi Dakwah Berkompeten dan Berakhlak Mulia” bertujuan untuk menciptakan generasi pendakwah yang unggul.

Koordinator Desa (Kordes), Darmawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Keagamaan dan membina para mubaliq baru untuk mengetahui ilmu, rukun dan sunnah dalam membawakan khutbah.

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat memunculkan kader-kader baru untuk menjadi pembimbing masyakarat dan dapat menjadi wadah bagi para pendakwah Desa Mamampang untuk menyebarkan syiar-syiar ajaran Islam dari berbagai kegiatan keagamaan,” jelas Darmawan, Selasa (17/12/2019).

Salah satu pemateri, Abdul Muin mengatakan setelah kegiatan ini, saat mahasiswa sudah tidak bertugas maka peserta inilah yang tampil membawakan khutbah di mesjid-mesjid desa setempat. Kegiatan ini harus di iringi dengan follow up yaitu pembetukan Tim Korps Mubaliq.

“Kegiatan pelatihan seperti inilah yang dibutuhkan masyarakat dan merupakan pembinaan yang berkelanjutan. Karena salah satu kendala di Desa Mamampang bertahun-tahun adalah kekurangan da’i sehingga para imam susah mencari mubaliq terkhusus untuk mengisi sholat jumat. Target kita dalam kegiatan ini, para peserta hari ini bisa diberikan sertifikat dan sudah bisa mengisi masjid-masjid yzng membutuhkan khatib,” ungkapnya.

Penulis: Emiliana Sulaiman
Editor: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami