Sambut Hari Sumpah Pemuda, Dema FEBI Gelar Diskusi Publik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar dialog publik dengan tema "Peran Akademisi Dalam Merawat Sumpah Pemuda Konflik Kebangsaan," berlangsung di Aula FEBI UIN Alauddin Makassar. Senin (28/10/2019).

Washilah – Bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda, Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan Expo Festival Ekonomi yang dirangkaikan dengan dialog publik bertemakan “Peran Akademisi Dalam Merawat Sumpah Pemuda Konflik Kebangsaan.” Berlangsung di Aula FEBI UIN Alauddin Makassar, Senin (28/10/2019).

Kegiatan tersebut diadakan untuk umum dan disambut baik oleh fakultas lain. Dengan menghadirkan beberapa pemateri, yakni: Syamsuddin Rajab selaku dosen HTN UIN Alauddin Makassar, Arum Spink sebagai Direktur Eksekutif Jenggala Center Jakarta serta menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dan Muh Isra’ Hiradat selaku Peneliti Cara Baca Institut.

Ketua Dema FEBI, Zulfikar menuturkan tujuan diadakannya dialog publik agar pemuda dapat merefleksikan kembali perjuangan dari para pemuda terdahulu.

“Tujuannya agar pemuda sekarang bisa menyadari bahwa penting kiranya untuk merefleksi kembali perjuangan-perjuangan atau pergerakan pemuda yang menjadi cikal bakal kemerdekaan Indonesia, jadi pemuda sangat berperan penting dalam memainkan peran proses kemerdekaan itu sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta dari jurusan Sosiologi Agama semester V, Sutriana mengaku dialog publik ini sangat penting baginya.

“Bagaimana dia tahu perannya pemuda sekarang, karena dilihat pemuda dari era orde lama dan baru dengan reformasi sangat beda dengan sekarang. Di mana masa sekarang terlalu banyak isu-isu persoalan tunggangi dia mampu membubarkan mahasiswa hanya karena adanya persoalan tersebut, padahal mahasiswa itu berdiri sendiri dengan hadirnya konsilidasi ketika malam, hadirnya forum-forum seperti ini memberikan sedikit penekanan seperti sumpah pemuda,” tegasnya.

Penulis: Aulya Febrianti (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami