Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Wajibkan Mahasiswa Menulis Jurnal

Facebook
Twitter
WhatsApp
Workshop penulisan jurnal

Washilah – Program Studi Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar mewajibkan mahasiswa yang sedang proses penyelesaian studi atau semester akhir  menulis jurnal. Hal ini disampaikan Sekretaris Jurusan yang juga Kepala Laboratorium Politik UIN Alauddin, H Febrianto Syam S IP M IP saat ditemui di Ruang Prodi, Gedung Fakultas Ushuluddin, Kamis (29/08/2019).

Menurutnya, jurnal tersebut akan di terbitkan di Vox Populi (VP). VP merupakan jurnal berkala yang terbit dua kali setahun yakni Juni dan Desember.

“Beberapa jurusan kemarin punya ide yang sama cuman itu dilihat dari kemampuan kita menjelaskan. Ini memang diupayakan kedepannya terus berkembang kalau jurnal sebenarnya sudah ada namanya jurinal Vox Populi itu sudah ada terbitan pertamanya. Nah, kita sedang merancang penerbitan ke dua mungkin teman teman yang lulus September, makanya tadi itu kita buat workshopnya untuk  menjelaskan ke mahasiswa begini standarisasinya,” kata Febrianto Syam.

Ia mengungkapkan VP terbit pertama kali tahun 2010 dalam edisi cetak. Pada awalnya jurnal ini diperuntukkan bagi dosen, akademisi, peneliti dan umum. Namun karena satu dan lain hal, sehingga jurnal ini tidak lagi menerbitkan edisi berikutnya. “Saat ini, VP menerbitkan kembali karya-karya hasil penelitian mahasiswa yang dianggap penting untuk diketahui publik secara luas,” ujarnya.

Antos sapaan akrabnya berharap jurnal mahasiswa Ilmu Politik UIN Alauddin bisa menjadi referensi pendidikan di dunia penelitian terkait masalah politik.

“Harapan kita tulisan tulisan jadi bahan referensi pendidikan di dunia penelitian terkait masalah politik, contoh terkait pemilu ataupun partai partai politik dan segala yang berhubungan dengan politik mungkin atau mungkin ada isu teman teman punya di ruang publik belum di diskusikan atau tidak di teliti lebih jauh, jadi itu fungsinya,” ujar Febrianto.

Selain itu, alumni Pascasarjana Universitas Indonesia ini membeberkan, jurnal tersebut menjadi syarat pengurusan transkrip nilai setelah lulus dari jurusan.

Penulis: Pelita Nur (Magang)
Editor: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami