Ketua P3CR Tanggapi Prof Hamdan Terpilih jadi Rektor UIN Alauddin

Facebook
Twitter
WhatsApp
Prof. Rasyid Masri

Washilah – Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon (P3CR) Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Rasyid Masri menanggapi informasi yang beredar tentang Prof Hamdan Juhannis terpilih jadi Rektor.

Menurut Guru Besar Bidang Sosiologi Komunikasi ini, belum ada informasi valid dari Kementerian Agama (Kemenag) soal penetapan dan pelantikan Rektor.

“Kalau sampai sekarang kita belum dapat info yang validnya begitu, namun memang beredar informasi ada besok pelantikan di Jakarta, tapi siapa yang dilantik? dari pihak UIN Alauddin sendiri belum ada yang dihubungi, kecuali misalnya Kemenag langsung ke kandidat dan tidak terekspos,” katanya kepada Repoter saat dihubungi melalui WhatsAap, Senin (22/07/2019) malam.

Dia menambahkan, pernyataan bahwa penulis buku Melawan Takdir terpilih jadi Rektor viral di media sosial sudah dua hari beredar, tapi belum diketahui dari mana sumbernya.

“Ada informasi beredar pelantikan besok, tapi eselon 1 dan 2, kami juga sudah mengecek ke UIN Bandung, mereka mengatakan ada, tapi adakah Rektor UIN Alauddin dilantik, itu belum ada kepastian,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dekan FDK tersebut menjelaskan tradisi di lingkup Kemenag biasanya Biro Kepegawaian menghubungi figur yang akan dilantik.

“Tradisi di Kemenag yang bakal dilantik Biro Kepegawaian di Jakarta menghubungi figur yang mau dilantik. Biasanya ada infomasi bahwa saudara diminta bapak Menteri untuk hadir besok di acara pelantikan,” tutupnya.

Sesuai PMA No 68 Tahun 2015, pengangkatan Rektor lingkup Kemenag tidak lagi melalui hak suara Senat Universitas tetapi Menag, senat hanya memberikan nilai kualitatif.

“Senat hanya memberikan nilai kualitatif jadi tidak hak voting, setelah itu dikirim ke Komisi Seleksi (Komsel) bentukan Menag di Jakarta, untuk uji kelayakan, lalu Komsel ini melahirkan tiga nama, dari tiga nama ini disodorkan ke Menag, nanti Menag memilih salah satunya,” jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Prof Phil Kamaruddin Amin di halaman Rektorat, Kamis (28/02/2019).

Penulis: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami