Briket Jadi Proker Mahasiswa KKN Posko Desa Saukang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Koordinator Desa (Kordes) Saukang, Khalil Nurul Islam saat Pemaparan program kerja (Proker), di Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, Kamis (28/02/2019).

Washilah – Peternak sapi mendominasi mata pencaharian masyarakat Desa Saukang, mendorong Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 60 membuat program kerja (Proker) briket atau pengolahan kotoran sapi. Hal tersebut disampaikan dalam seminar proker yang diadakan di kantor Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur, Kamis (28/02/2019).

Seminar program kerja ini dilaksanakan setelah melakukan observasi tiga hari sebelumnya, 25-27 Februari 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Desa Saukang Abd Razak, beberapa Kepala Dusun setempat, turut pula koordinator kecamatan (Korcam) Sinjai Timur, Muhammad Fajar Hidayat.

Koordinator Desa (Kordes) Saukang, Khalil Nurul Islam mengatakan, dalam seminar ini menawarkan lima program kerja yang terbagi dalam empat bidang. “Ada empat bidang, yaitu bidang ekonomi kreatif, bidang kesehatan, bidang pendidikan, dan bidang keagamaan,” bebernya.

Kordes Saukang, Khalil sapaan akrabnya, pun menjelaskan, mata pencaharian masyarakat di Desa Saukang didominasi oleh petani dan peternak sapi.

“Didominasi oleh peternak sapi, makanya saat observasi, saran dari masyarakat kami ambil proker pengelolaan limbah kotoran sapi,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Saukang Abd Razak menyarankan, agar proker yang akan dijalankan dapat menyeluruh ke setiap desa. “Kami mengharapkan semua desa disentuh, salah satunya dengan mengadakan pengajian di setiap masjid desa,” ungkapnya.

Penulis : Ramalia
Editor : Suhairah Amaliyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami