Bedah Buku Dema U Angkat Tema Islam dan Tradisi Literasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dosen Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik (FUFP) UIN Alauddin Makassar Muhammad Ridha, pada kegiatan bedah buku nasional yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Universitas (Dema U) di Auditorium kampus II. Senin (13/08/2018)

Washilah – Dewan Mahasiswa Universitas (Dema U) UIN Alauddin Makassar menggelar bedah buku nasional bertajuk “Islam dan Tradisi Literasi” karya Eko Prasetyo,¬† berjudul Al-alaq Titah untuk membaca. Di Auditorium UIN Alauddin Makassar. Senin (13/08/2018)

Kegiatan tersebut rangkaian pembukaan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) tingkat Universitas se-kota Makassar dengan 200 peserta.

Penulis Buku dan Direktur Sosial Movement Institute Eko Prasetyo, mengatakan menulis dan membaca sudah seharusnya menjadi sebuah tradisi dikalangan mahasiswa terutama yang beragama Islam.

“Pemersatu Islam adalah sebuah pengetahuan maka menulis dan membacalah,” ucapnya.

Dosen Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik (FUFP) UIN Alauddin Makassar Muh Ridha, menjelaskan bahwa dalam Alquran kata Ilmu terulang sebanyak 854 kali yang digunakan dalam proses pencapaian pengetahuan dan objek nya.

“Secara etimologis berarti kejelasan¬† atau tanda yang jelas tentang sesuatu, di dalam Alquran ilmu inilah yang menunjukkan keunggulan manusia atas makhluk lainnya, dan dapat menjalankan fungsi kekhalifahan di bumi,” jelasnya.

Senada dengan itu Pusat Kajian Islam, Sains dan Teknologi (Pukistek) Wahyudin Halim, berharap mahasiswa dan siswa lebih banyak membaca dan sering berkunjung ke perpustakaan.

“Buku adalah jendela ilmu, karena dengan buku kita bisa tahu banyak hal dan perpustakaan adalah tempatnya. Tapi sekarang sudah jarang mendapatkan Siswa dan Mahasiswa berada di perpustakaan, padahal perpustakaan tempat segudang ilmu,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan ada 10 Perpustakaan terlengkap di dunia salah satunya Library of Congress Library of Congress di Washington DC, Amerika Serikat. Didirikan pada 1800 dengan 30 juta stok buku.

Penulis : Dyan Eka Haeriani
Editor : St Nirmalasari

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami