Menelisik Hubungan Geofisika dan Ilmu Lain Melalui Kajian

Facebook
Twitter
WhatsApp
Tampak Mahasiswa begitu antusias mengikuti kajian seputar Fisika dengan tema "Let we know the world of geophysical". Kegiatan yang digelar oleh HMJ Fisika Fakuktas Sains dan Teknologi (FST) itu berlangsung di Gedung F FST Kampus II UIN Alauddin Makassar. Sabtu (22/10/2016)

Washilah– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menggelar kajian Seputar Fisika dengan tema “Let we know the world of geophysical”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung F FST Kampus II UIN Alauddin Makassar. Sabtu (22/10/2016)

Kajian tersebut dibawakan langsung oleh alumni Fisika FST Kaharuddin S Si,  kegiatan ini dihadiri sekiranya 80 mahasiswa dari berbagai angkatan.

Kaharuddin mengatakan hubungan geofisika dengan ilmu lain, geofisika biasanya eksplorasi dengan berbagai metode, metodenya itu geolistrik, geomagnet, GPS, IP, seismik, metode tersebut digunakan untuk mengetahui apa saja kandungan di bawah tanah dan mencari mineral bumi.

Selain itu juga menambahkan tentang prospek kerja geofisika dan metode dalam geofisika bisa digunakan untuk mengetahui tentang adanya kandungan dibawah permukan tanah, apakah ada batu bara, air tanah, emas, perak dan kandungan mineral lainnya melalui pertambangan dan BMKG.

Ketua HMJ Fisika FST Rahmat, mengatakan bahwa Kegiatan ini sangat bagus, karena di jurusan fisika, geofisika (fisika bumi) hanya mata kuliah peminatan berbeda dengan universitas lain dimana geofisikanya sudah menjadi prodi.

“Jadi kegiatan ini bisa menambah wawasan kepada mahasiswa fisika tentang geofisika secara luas,” tuturnya.

Rahmat juga berharap semoga dengan adanya kegiatan ini mahasiswa fisika yang memilih geofisika terkhususnya mengetahui secara luas ilmu geofisika dan bisa bersaing dengan yang lain kedepannya dalam prospek pekerjaan baik itu di BMKG maupun pertambangan, dengan mengandalkan ilmu dan softskillnya di Geofisika.

Penulis: Wiryanty

Editor: Afrilian C Putri

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami