Alasan UIN Tidak Membuka Jalur SNMPTN dan SBMNPTN

Facebook
Twitter
WhatsApp
Washilah — Banyak yang bertanya-tanya mengenai jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi. Terkhusus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) di UIN Alauddin.
Pasalnya terdengar isu yang mengatakan bahwa UIN Alauddin Makassar, tidak membuka jalur pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN pada tahun ini.
Lebih membingungkan lagi, adanya beberapa poster yang tertempel di Gedung Rektorat mencamtumkan enam jalur pendaftatan yakni, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Ujian Masuk Mandiri (UMM), dan Ujian Masuk Khusus (UMK).
Berbeda halnya di akun facebook UIN Alauddin Makassar hanya mencantumkan empat jalur yaitu SPAN-PTKAIN, UM-PTKAIN, UMM, dan UMK, yang diposting Kamis 3 maret lalu.
Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Dra H Nuraeni Gani MM  telah membenarkan isu penghapusan dua jalur tersebut.
“Iya, kita memang tidak buka jalur SNMPTN dan SBMPTN,” Ujarnya, Selasa (07/03).
Hal ini dikarenakan, kata dia ada beberapa yang diminta oleh Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) dan UIN tidak memiliki hal tersebut. Adapun yang diminta adalah data rekomendasi perpanjangan tujuh prodi tetapi yang dimiliki hanya empat prodi.
Laporan : Erlangga Rokadi
Editor : Sri Wahyu Diastuti

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami