UIN Siap Tampung 5000 Mahasiswa Baru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ahmad M sewang saat
wawancara dengan beberapa awak media 

Washilah Online–Untuk penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) tahun ajaran 2013, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin menyiapkan kuota sebanyak 5000 kursi, ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4750 saja. Ini diungkapkan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr H Ahmad M Sewang MA dalam Konferensi Pers yang digelar di Gedung Rektorat Lantai 1 samata. Jum’at  (22/02/13).
Alasan penambahan jumlah ini, menurut Ahmad M Sewang, dikarenakan adanya permintan langsung dari pusat untuk menambah jumlah mahasiswa yang diterima untuk tahun 2013 “ mereka minta untuk tahun ini UIN menerima lebih banyak lagi, hal ini juga berdasarkan UU no 34 tahun 2010. selain itu, penambahan jumlah ini juga menjadi standarisasi akreditasi” jelasnya.
Berbeda dari tahun sebelumnya, Lanjut Ahmad M Sewang, untuk tahun 2013, UIN hanya menyediakan empat jalur masuk dari yang sebelumnya enam jalur masuk. Empat jalur masuk tersebut diantaranya adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan Jalur Prestasi dan SBMPTN jalur tertulis. Kedua yakni, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN).
Dua jalur lainnya adalah Ujian Masuk Lokal (UMM), serta Ujian Masuk Khusus (UMK) yang disediakan khusus untuk mahasiswa transfer Diploma 2 dan Diploma 3 ke Strata 1.
Terkait alasan pemangkasan dua Jalur lainnya yakni Jalur Undangan dan Ujian Masuk Bersama, ia menjelaskan, bahwa jalur Undangan sudah masuk pada SNMPTN Prestasi “untuk UMB, pihak UIN terlalu sibuk jika harus mengurusi hal ini, dan nantinya juga hasilnya akan sama” pungkasnya. 
Selain itu, UIN juga akan menawarkan beasiswa pondok bagi mereka penghafal  Al-Qur’an 30 Juz, mereka akan dibebaskan biaya Sumbangan Pelayanan Pendidikan (SPP) selama masa studi aktif empat tahun atau delapan semester, serta tiga tahun atau enam semester untuk Diploma 3. Sedangkan untuk mereka penghafal 5-25 Juz, dibebaskan biaya SPP selama satu tahun atau dua semester.
Terkait kesiapan Fasilitas, Pembantu Rektor Bidang Administrasi, Prof Dr H Musafir Pababbari menjelaskan pihaknya akan segera membenahi beberapa fasilitas kampus yang berasalah “nantinya akan ada penambahan gedung perkuliahan di dua fakultas, yakni Tarbiyah dan Kesehatan. Namun tentunya akan dilakukan secara bertahap,” ungkapnya.(LuQe’)
  

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami