A Syahraeni M Ag, Raih Gelar Doktor bidang Dakwah dan Komunikasi.

Facebook
Twitter
WhatsApp


A Syahraeni M Ag lulus sebagai doktor dalam bidang Dakwah dan Komunikasi. Gelar doktornya diperoleh setelah menggelar promosi Doktor di Gedung Program Paasca Sarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Senin (07/01) malam.

Wanita yang juga dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin ini berhasil lulus, setelah dirinya mempertahankan desertasinya yang berjudul “Dakwah Multikultural Muhammadiyah di Kabupaten Gowa” dengan predikat kelulusan Amat baik dan menjadi doktor UIN Alauddin yang ke-166.

Bertindak sebagai ketua sidang, Rektor Uin Alauddin, Prof Dr H A Qadir Gassing HT MSi. Sementra promotor terdiri atas Prof Dr H Ahmad M Sewang MA, Prof Dr H Abd Rahim Arsyad MA, Prof Dr Musafir Pababbari MSi. penguji internal Prof Dr Hj Andi Rasdiyanah, Prof Dr Moh Natsir Mahmud MA, Dr Hj Muliaty Amin M Ag. Adapun penguji eksternal adalah Prof Drs H A Faisal Bakri.

Dalam desertasinya, wanita kelahiran Bulukumba, 28 Februari 1961 itu menjelaskan, bentuk dakwah kultural meliputi dua pintu utama, yakni konvensional dan kominikasi. Pintu pertama, menyampaikan ajaran islam melalui ceramah, khutbah, dialog interaktif dan kegiatan tablig, yang sudah berlangsung sejak lama.

Kedua, sebagai proses interaksi nilai dan saling mempengaruhi dalam rangka terjadinya perubahan pemahaman keimanan dan pengalaman islam secara individual, dan perubahan struktur dan norma kehiddupan menuju masyarakat madani secara sosial”

Selain itu ia juga menjelaskan, bahwa dakwah Kultural dapat diaplikasikan kedalam beberapa perayaan “dakwah ini dapat dilakukan dalam Perayaan pernikahan, Perayaan proklamasi, perayaan milad Muhammadiyah” jelas, wanita beranak dua ini.

Ia juga merekomendasikan pentingnya pengembangan aktualisasi secara berlanjut dakwah kultural di kabupaten Gowa, sebab menurutnya, dengan dakwah kultural, nilai-nilai yang ada tetap hidup dalam masyarakat. (luqe)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami