Inovasi dalam Dunia Pendidikan di Era Industry 4.0 dan Society 5.0

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ika Prasasti saat menyampaikan materi pada seminar pendidikan yang diselenggarakan oleh HMJ pendidikan Matematika, di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Sabtu (08/10/2022). | Foto: Istimewa.

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) adakan Seminar Pendidikan dengan tema “Inovasi Model Pembelajaran di Era Industry 4.0 and Society 5.0″, di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Sabtu (08/10/2022).

Dalam pemaparan materinya, Ika Prasasti, menjelaskan era industry 4.0 dan era society 5.0 penting bagi dunia pendidikan dalam merespon era ini.

“Harus ada relevansi era industry 4.0 dan era society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia,” ucap Sekertaris Jurusan Pendidikan Matematika ini.

Selain itu, ia juga menyampaikan kiat mahasiswa untuk menghadapi era yang berkembang adalah dengan menghadirkan inovasi dalam dunia pendidikan.

“Pendidikan adalah kunci utama dalam perbaikan kualitas sumber daya manusia dalam mencetak generasi yang unggul ,” ungkapnya.

Lebih lanjut, penulis buku Aljabar Linear ini mengutarakan, inovasi yang harus dilakukan adalah inovasi pada komponen pendidikan, berupa kurikulum dan lainnya.

“Salah satunya inovasi model pembelajaran dengan menerapkan blanded learning, cloud learning dan hibrid learning. Saat ini hasil inovasi model pembelajaran yang diterapkan adalah model e-split classroom,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap para pendidik memiliki inovasi dan semangat pembaharuan yang tinggi dalam proses pembelajaran.

Salah satu peserta, Supriadi, mengatakan melalui kegiatan ini ia menjadi paham bentuk inovasi model pembelajaran dalam menghadapi tantangan di era baru.

“Dengan adanya model seperti ini, ke depannya nanti kita sudah paham bagaimana menerapkan teknologi. Kita juga bisa menerapkan apa yang kita dapatkan pada kegiatan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari kita,” kata guru SMPN 1 Pangsid tersebut.

Penulis: Nabila Rayhan (Magang)

Editor: Nur Afni Aripin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami