Langkah Awal Belajar Politik, Mahasiswa Ipo Praktikum di KPU

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pembukaan praktikum Mahasiswa Ilmu Politik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Senin (08/08/2022). Foto : Istimewa

Washilah – Program Studi (Prodi) Ilmu Politik (Ipo) Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik (FUFP) UIN Alauddin Makassar adakan praktikum di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Senin (08/08/2022).

Kegiatan ini akan berlangsung selama 12 hari, mulai 8-19 Agustus 2022 yang berfokus pada proses kerja KPU. Mulai dari persiapan hingga pada pemungutan hasil suara.

Pembukaan dihadiri oleh Ketua Jurusan (Kajur) Ipo beserta empat Komisioner KPU Kota Makassar.

Kajur Ipo, Syahrir Karim mengatakan, kegiatan ini sebagai awal untuk mahasiswa belajar politik.

“Selain mencari pengalaman, mahasiswa juga bisa belajar lebih banyak tentang politik,” katanya.

Lanjut, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU, Endang Sari mengatakan, akan banyak melibatkan mahasiswa yang praktikum pada setiap agenda KPU. 

“Seperti kelas online pemilih, sosialisasi di kampus-kampus dan terlibat langsung menyaksikan verifikasi berkas partai politik,” tutupnya.

Selain di KPU Kota Makassar, mahasiswa Prodi Ipo tersebar di beberapa titik praktikum. Di antaranya Kantor Koran Sindo, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kota Makassar, Bawaslu Gowa, KPU Provinsi, dan Radio Rewako Gowa.

Penulis : Wafiq Aziza Mahsen (Magang) 

Editor : Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami