Komitmen Tangani KS, PSGA Akan Bentuk Fokal Point Gender Jajaran Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana saat Workshop Peer Conseling, peserta yang berasal dari Mahasiswa UIN Alauddin Makassar ini tengah memaparkan bentuk-bentuk kekerasan seksual. | foto: Washilah-Charissa Azha Rasyid.

Komitmen tangani Kekerasan Seksual (KS) lingkup UIN Alauddin Makassar, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar akan bentuk fokal point gender jajaran mahasiswa.

Hal itu diwujudkan setelah melakukan Workshop Peer Conseling dengan temaPencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Berbasis Perlindungan Korban”. Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, 15-16 Juni 2022 di Hotel Raising Makassar, dihadiri  sebanyak 50 Mahasiswa  UIN Alauddin Makassar.

Ketua PSGA, Rosmini Amin menjelaskan, setelah pelatihan peserta akan jadi duta  fakultas sebagai fokal point gender, “masing-masing akan sosialisasikan masalah penanganan pencegahan kekerasan seksual di fakultas masing-masing,” ungkapnya.

Adapun pemilihan peserta melalui jalur koordinasi Sema-U sebelumnya. Kriteria peserta kata Rosmini, harus merupakan pengurus intra fakultas, “dalam sosialisasikan penanganan dan pencegahan kekerasan seksual dalam tingkat fakultas mereka akan kolaborasi langsung melalui wadek III sebagai koordinator ULT di fakultas, jadi pesertanya harus dari intra kampus,” katanya.

Lebih lanjut, Rosmini menjelaskan materi yang diberikan dalam pelatihan ini berupa langkah-langkah pencegahan dan penanganan KS di lingkup UIN Alauddin Makassar.

Penulis: Charissa Azha Rasyid (Magang)

Editor: Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami