HMJ Keperawatan Gandeng Cranial Sehat Indonesia Fasilitasi Khitan Gratis

Facebook
Twitter
WhatsApp
HMJ Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar lakukan persiapan khitan sebagai rangkaian baksos, di Desa Manimbaho, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Minggu (19/06/2022). | Foto: Istimewa.

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar kerja sama dengan Cranial Sehat Indonesia, fasilitasi khitan gratis sebagai rangkaian kegiatan Bakti Sosial (baksos), bertajuk “Real Action Arte21 in Doing Unlimited Good to Find Self and Serve With Social Action in Society” di Desa Manimbaho, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Minggu (19/06/2022).

Selain fasilitasi khitan gratis, HMJ Keperawatan juga beri penyuluhan tentang penyakit demam berdarah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Ketua panitia, Mega Aldiana menuturkan  khitan menjadi item kegiatan sebagai upaya mencegah penyakit dengan memperhatikan organ reproduksi.

“Zaman sekarang, banyak anak yang belum dikhitan karena biayanya yang sudah sangat mahal. Padahal khitan itu harus dilakukan agar organ reproduksi bisa terhindar dari penyakit,” tuturnya.

Salah satu operator sirkumsisi Cranial Sehat Indonesia, Ns Nurul Hasanah menjelaskan manfaat dilakukan hal tersebut ialah mengurangi resiko terjadinya penyakit seks menular.

“Sirkumsisi dapat mencegah terjadinya sifilis atau herpes, selain itu juga bisa mengurangi resiko infeksi pada saluran kemih atau biasa dikenal ISK”, urai alumni jurusan keperawatan itu.

Ia mengatakan sebanyak 25 anak yang ditindaki sangat kooperatif.

“Peserta yang disunat memang ada beberapa yang takut pas diawal, tapi setelah dijelaskan baik-baik, si anak menjadi tenang dan berjalan dengan lancar sampe akhir,” tutupnya.

Penulis: Nadia Hamrawati Hamzah

Editor: Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami