Prosedur dan Syarat Pendaftaran Jalur UMM UIN Alauddin Makassar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Infografis prosedur pendaftaran Ujian Masuk Mandiri (UMM). | Infografis: Washilah-Ismail HM (Magang)

Washilah – Pendaftaran jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) telah dibuka pada tanggal 21 April hingga 30 Juni 2022 mendatang.

Adapun prosedur awal untuk melakukan pendaftaran yakni; calon peserta diwajibkan untuk melakukan transaksi melalui BNI. Setelah melalukan pembayaran, calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran melalu link yang dapat diakses pada https://umm.uin-alauddin.ac.id/.

Ketika kedua tahap di atas telah dilakukan, calon peserta mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian pada tanggal 18 sampai 23 juli. Hasil seleksi akan di umumkan pada tanggal 1 Agustus 2022.

Untuk beberapa syarat calon peserta pendaftaran UMM, yakni;

1. Tamatan SMA/SMK/MA/MAK/MAN/MAS Pesantren, SMTA Luar Negeri, Ujian Persamaan tahun berjalan, atau paling lama kelulusan tiga tahun terakhir (2020, 2021 dan 2022) dan berlaku untuk ujian tulis lokal dan nasional. Untuk jalur prestasi lulusan Ujian Nasional (UN) tahun 2022 (SNMPTN dan SPAN-PTKIN).

2. Kesehatan fisik tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studi pilihan (contoh: prodi yang dipersyaratkan dapat membedakan warna, mahasiswa tidak boleh buta warna). Daftar prodi prasyarat, yaitu Prodi Fisika, Kimia, Biologi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, dan Farmasi.

3. Untuk yang memilih Prodi Keperawatan dan Kebidanan, tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan.

4. Bebas narkoba untuk semua program studi.

5. Untuk yang lulus Program Studi Pendidikan Dokter, informasi tahapan berikutnya dapat dilihat di www.uin-alauddin.ac.id atau langsung ke Prodi Pendidikan Dokter.

6. Ketentuan pada poin 1, 2, 3 & 4 wajib dipenuhi, dan jika calon Maba sudah dinyatakan lulus, kemudian tidak memenuhi ketentuan di atas sesuai pemeriksaan berkas, dan surat keterangan Poliklinik UIN Alauddin, maka dinyatakan gugur.

7. Calon mahasiswa yang lulus dinyatakan mengundurkan diri, jika semua tahapan pendaftaran ulang tidak diikuti sesuai jadwal.

Penulis: Nurul Annisatul Aina (Magang)
Editor: Jushuatul Amriadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami