Stok Berkurang, UKK KSR-PMI UIN Alauddin Lakukan kegiatan Donor Darah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pengambilan Darah Oleh Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar dalam Kegiatan Donor Darah diselenggarakan oleh UKK KSR-PMI Unit 107 UIN Alauddin, bertempat di pelataran Masjid Kampus II, Rabu (02/03/2021) | Foto: Washilah-Charissa Azha Rasyid.

Washilah – Stok darah berkurang selama pandemi Covid-19, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 107 UIN Alauddin Makassar kembali mengadakan kegiatan donor darah, bertempat di pelataran Masjid Kampus II, Rabu (02/03/2022).

Pendonor darah tidak hanya meliputi mahasiswa tapi juga berasal dari dosen dan Alumni UIN Alauddin Makassar.

Ketua KSR-PMI, Awaliah Nur Sakinah mengungkapkan banyaknya permintaan darah membuat kegiatan sosial ini rutin dilaksanakan setiap bulanya.

“Ini diadakan karena banyaknya permintaan darah yang masuk, dan beberapa pasien dari unit transfusi darah ternyata stoknya kosong, bisa kami bantu melalui komunikasi secara person, jadi kami adakan ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan nantinya kantong darah tersebut akan diserahkan kepada PMI kota Makassar.

Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat, Samsyiar Rahman menuturkan pandemi membuat stok darah berkurang. Ia juga menjelaskan sebanyak 31 kantong darah berhasil dikumpulkan.

“Dari 52 pendaftar, 31 orang diterima, jadi menghasilkan 31 kantong darah, sisanya tidak diterima karena tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Salah seorang pendonor darah, Jannah mengatakan untuk pertama kali dirinya mendonorkan darahnya.

“Ini pertama kali saya mendonorkan darah, saya mendonorkan darah karena ingin saja,” ungkap Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam tersebut.

Penulis: Ismail HM (Magang)

Editor: Nur Afni Aripin

 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami