Tim B UIN Alauddin Juara 1 Debat di Ajang Festival Ekonomi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Tim B debat UIN Alauddin A Muh Rifky Nugraha menyampaikan argumentasi pada lomba debat Festival Ekonomi 2021 di Ruang Seminar FEBI, Kamis (30/09/2021).

Washilah – Tim B UIN Alauddin Makassar berhasil menyabet juara 1 debat pada ajang Festival Ekonomi 2021 yang diselenggarakan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar, Kamis (30/09/2021) kemarin.

Lomba debat ini bertajuk “Merefleksi Kebijakan Pemerintah dalam Pemilihan Ekonomi Nasional” yang berlangsung selama tiga hari terhitung sejak tanggal 28 sampai 30 September 2021 di Ruang Seminar FEBI.

Tim tersebut berjumlah tiga orang mereka adalah A Muh Rifky Nugraha jurusan Ilmu Politik, Jesi Fitriani dan Yasser Arafat jurusan Ilmu Hukum yang merupakan kader dari Alauddin Debate Association (AlDebA) UIN Alauddin.

Anggota Tim debat, Jesi Fitriani menuturkan bahwa dua hari sebelum lomba terus latihan dan bedah banyak mosi untuk menyajikan substansi yang berbobot.

“Selain itu kami juga mempelajari cara lawan kami bedebat, untuk kemudian di sesuaikan dengan tim kami di panggung perdebatan, sehingga bisa jadi cela untuk beri serangan ke lawan debat, ” tuturnya.

Senada dengan itu, A Muh Rifky Nugraha menyampaikan bahwa ia banyak mengevaluasi diri dan belajar dari pengalaman sebelumnya.

“Selain itu, saya juga mempersiapkan argumentasi secara ilmiah yang berbasis pada konsep teoritis, landasan yuridis, data kuantitatif begitupun dengan fakta-fakta empiris guna memberikan penampilan yang konsisten dan meyakinkan yang sesuai tupoksi saya selaku pembicara pertama,” katanya.

Lebih lanjut Rifky sapaan akrabnya merasa senang dan bangga bisa menyalurkan bakat dan minat meski di tengah pandemi covid-19.

“Alhamdulillah ada wadah untuk menyalurkan gagasan dan pemikiran untuk menanggapi kebijakan pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19, terlebih lagi untuk menyalurkan bakat dan minat dalam hal beretorika dan berargumen secara ilmiah berdasarkan data, fakta dan landasan yuridis, ” tutupnya.

Penulis : Irham Sari (magang)

Editor : Ulfa Rizkia Apriliyani 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami