Sosialisasikan Cegah Hoax, Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Lakukan Penyuluhan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pemaparan materi mengenai hukum penyebaran hoax yang berlokasi di MAN 3 Bone, Desa Pattangkai, Kec Lappariaja, Kabupaten Bone.

Washilah – Mahasiswa Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar lakukan penyuluhan bertajuk “Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Penyebaran Hoax” berlangusng di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bone, Desa Pattangkai, Kec Lappariaja, Kab Bone, Rabu (06/10/2021).

Penyuluhan diadakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan dan sebagai wadah bagi mahasiswa Jurnalistik untuk berbagi ilmu tentang informasi hoax yang harus dihindari serta regulasi yang mengatur informasi hoax.

Mahasiswa Jurnalistik Yuni Haryani Harianto yang turut ikut dalam kegiatan penyuluhan menjelaskan alasan memilih MAN 3 Bone sebagai sasaran penyuluhan.

“Baru-baru ini telah terjadi penyebaran berita hoax mengenai vaksinasi yang katanya berbahaya bagi kesehatan maka dari itu kami memilih MAN 3 Bone agar siswa-siswi mampu menyaring informasi hoax atau fakta” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut Ia memaparkan bagaimana cara menyaring informasi sebelum dibagikan ke media sosial.

“Banyak yang kita jelaskan mulai bagaimana memilah informasi serta menjelaskan sumber-sumber informasi yang kredibel serta terpercaya,” jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Madrasah Harapan Amunansar,  mengapresiasi kegiatan penyuluhan Mahasiswa Jurnalistik di MAN 3 Bone yang mengedukasi siswa-siswinya untuk tidak mudah memercayai berita hoax.

“Saya apresiasi untuk kedepannya nanti supaya tidak tersebar lagi berita-berita tentang hoax yang ada sekarang di medsos oleh karena itu saya berterimakasih atas mahasiswa UIN jurusan jurnalistik,” pungkasnya.

Penulis : Firda (Magang) 

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami